Senin 31 Agustus 2020, 11:15 WIB

Wapres Minta Unika Atma Jaya Utamakan Toleransi

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Wapres Minta Unika Atma Jaya Utamakan Toleransi

MI/Susanto
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin berharap Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta dapat mengutamakan sikap toleransi, baik di lingkungan kampus maupun di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat membuka acara Pengenalan Kampus Unika Atma Jaya Jakarta 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (31/8).

"Sahabat Atma diharapkan dapat mengenal kampus lebih baik, membangun kepedulian dengan kampus dan lingkungan sekitar, serta mengedepankan
toleransi dalam beraktivitas di kampus," kata Ma'ruf dalam video sambutannya dari Jakarta, Senin (31/8).

Sebagai bangsa yang majemuk, kata Ma'ruf, Indonesia rentan terjadi intoleransi. Oleh karena itu, kampus dan seluruh civitas akademika di dalamnya harus mampu berperan dalam menjaga toleransi di kalangan masyarakat.

Baca juga: Menag Prihatin Banyaknya Perceraian

"Indonesia, sebagai bangsa yang majemuk, rentan dengan terjadinya intoleransi. Untuk itu, pendiri bangsa ini telah sepakat membangun Indonesia sebagai negara yang menjamin kemajemukan," katanya.

Selain mengedepankan toleransi, menurut Ma'ruf, sikap nasionalisme, patriotisme, dan bela negara juga harus diberikan kepada mahasiswa karena menjadi dasar dalam upaya memperkuat persatuan.

"Saya yakin Unika Atma Jaya juga akan mendidik Sahabat Atma menjadi cendekiawan yang mempunyai sikap toleransi, cinta kepada sesama,
berjiwa nasionalisme, patriotisme dan bela negara. Hal-hal tersebut yang menjadi dasar dalam merajut kebhinnekaan," katanya.

Wapres juga berharap seluruh mahasiswa, yang berkesempatan menikmati jenjang pendidikan tinggi di Unika Atma Jaya, dapat membawa perubahan lebih baik dan menjadi panutan di lingkungan masyarakat.

"Saya berharap Sahabat Atma dapat menjadi agen perubahan dan role model di lingkungan masyarakat melalui penerapan ilmu, pengetahuan, dan keteladanan," katanya.

Di tengah kondisi pandemi covid-19, Wapres meminta seluruh civitas akademika Unika Atma Jaya untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,
dengan mengikuti pembelajaran jarak jauh, mengenakan masker ketika ke luar rumah, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Sekali lagi, saya menyampaikan situasi krisis tidak boleh membuat kita lemah ataupun lengah, apalagi menyerah, putus asa dan kehilangan arah. Jalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, cuci tangan, kenakan masker, dan jaga jarak," pungkas Ma'ruf. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Perpustakaan Dua Proklamator bakal jadi Destinasi Wisata Edukatif

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 29 September 2020, 23:00 WIB
UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, dan UPT Perpustakaan Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatra Barat, dijajaki...
ANTARA FOTO/Harviyan

Punya Banyak Pasukan, BKKBN Jadi Koordinator Cegah Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 22:42 WIB
Ketika melakukan pendampingan, petugas BKKBN akan memastikan kehamilan itu benar-benar direncanakan. Sehingga akan lahir anak yang...
MI/Andri Widiyanto

Larangan Penggunaan Plastik Belum Efektif Atasi Masalah Sampah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 29 September 2020, 22:42 WIB
Selain itu, kemasan yang saat ini menjadi pengganti plastik sekali pakai seperti spunbound atau paper bag juga memiliki lapisan plastik dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya