Senin 31 Agustus 2020, 08:12 WIB

Infeksi Covid-19 di AS Dekati Angka 6 Juta

Faustinus Nua | Internasional
Infeksi Covid-19 di AS Dekati Angka 6 Juta

AFP/Mark Felix
Seorang petugas kesehatan keluar dari ruang UGD covid-19 di Richmond, Texas.

 

KASUS infeksi Covid-19 di Amerika Serikat (AS) mendekati angka 6 juta pada Minggu (30/8) setelah banyak negara bagian di barat tengah melaporkan peningkatan infeksi.

Iowa, North Dakota, South Dakota, dan Minnesota, baru-baru ini, melaporkan rekor lonjakan kasus baru covid-19 harian yang signifikan. Sementara Montana dan Idaho juga melaporkan rekor jumlah pasien covid-19 yang saat ini dirawat di rumah sakit.

Secara nasional, metrik pada kasus baru, kematian, rawat inap dan tingkat positif memang menurun, tetapi ada lonjakan yang muncul di wilayah midwest.

Baca juga: Bentrokan Pecah di Kota Portland

Banyak kasus baru di Iowa terjadi di daerah yang menjadi rumah bagi Universitas Iowa dan Universitas Negeri Iowa, yang mengadakan beberapa kelas tatap muka.

Perguruan tinggi dan universitas di seluruh negeri telah mencatat lonjakan kasus setelah mahasiswa kembali ke kampus, sehingga diimbau untuk kembali beralih ke pembelajaran online.

Infeksi juga meningkat setelah reli sepeda motor tahunan di Sturgis, South Dakota menarik lebih dari 365 ribu pengunjung dari seluruh negeri pada 7 hingga 16 Agustus. Departemen kesehatan South Dakota mengatakan 88 kasus telah dilacak dari kegiatan tersebut.

Lebih dari 8 bulan setelah pandemi, AS terus berjuang melakukan pengujian atau tes covid-29. Banyak pejabat kesehatan dan setidaknya 33 negara bagian menolak pedoman pengujian covid-19 baru yang dikeluarkan pemerintah minggu lalu yang mengatakan mereka yang terpapar virus dan tanpa gejala mungkin tidak perlu pengujian.

Pejabat kesehatan masyarakat percaya AS perlu melakukan tes lebih sering untuk menemukan pasien covid-19 tanpa gejala. Sehingga dapat memperlambat penyebaran wabah.

AS mencatat infeksi paling covid-19 banyak di dunia, dengan menempati urutan kesepuluh berdasarkan kasus per kapita, dengan Brasil, Peru, dan Cile memiliki tingkat infeksi yang lebih tinggi.

AS juga memiliki kasus kematian terbanyak di dunia dengan lebih dari 182 ribu dan menempati urutan ke-11 untuk kematian per kapita, di bawah Swedia, Brasil, Italia, Cile, Spanyol, Inggris, Belgia, dan Peru. (CNA/OL-1)

Baca Juga

AFP

Kasus Baru Covid-19 di India di atas 90 ribu per Hari

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 17:40 WIB
INDIA mengonfirmasi 93.337 kasus covid-19 baru selama 24 jam terakhir. Rekor ini menandai hari keempat berturut-turut lebih dari 90.000...
dok.mi

Kematian Akibat Covid-19 di AS akan Tembus 200 ribu Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:10 WIB
AMERIKA Serikat (AS) akan melampaui 200 rbu kematian akibat virus korona baru (covid-19) dalam beberapa hari...
Antara

Alasan Covid-19, Tiongkok Larang Seafood dari Eksportir Indonesia

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 14:35 WIB
EKSPORTIR makanan laut Indonesia kini dilarang masuk ke negeri tirai bambu tersebut. Alasannya, pemerintah Tiongkok menemukan virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya