Senin 31 Agustus 2020, 04:05 WIB

JK Rowling Kembalikan Penghargaan karena Kecewa

MI | Humaniora
JK Rowling Kembalikan Penghargaan karena Kecewa

AFP
JK Rowling

 

KECEWA, Joanne Kathleen Rowling, 55, lebih dikenal dengan nama pena JK Rowling, mengembalikan penghargaan Ripple of Hope yang ia terima dari yayasan Robert F Kennedy Human Rights (RFKHR) pada 2019.

“Sebagai bentuk solidaritas kepada mereka yang telah menghubungi saya serta karena konflik pandangan antara saya dan RFKHR yang cukup serius, saya merasa tidak punya pilihan lain selain mengembalikan penghargaan Ripple of Hope yang saya terima,” pungkas penulis novel best seller Harry Potter itu dalam pernyataan resminya, pekan lalu.

Sikapnya ini merespons pernyataan kontroversial soal keberadaan transgender yang sempat ia layangkan di media sosial Twitter miliknya pada Juni 2020. Rowling menuliskan, upaya menghilangkan gender dari kehidupan manusia sebenarnya menghapuskan realitas yang dialami perempuan. 

Menurutnya, makna hidup akan hilang jika tak ada pemisah antara laki-laki dan perempuan. Karena cicitannya itu, Kerry Kennedy, aktivis kemanusiaan yang juga merupakan kemenakan dari mendiang Presiden ke-35 AS John F Kennedy, memojokkan Rowling dengan tuduhan transphobic. (Bus/H-2)

Baca Juga

DOK KEMENKOMINFO

Ekspedisi Bakti untuk Negeri Sambangi Mataram

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 September 2020, 09:00 WIB
Hasilnya, sebanyak 850 orang tua mengharapkan pembelajaran tatap muka, sedangkan 95 orang tua masih ragu-ragu membiarkan anaknya menjalani...
AFP/Adek Berry

Catatan Sejarah tentang Covid-19 dan Virus Lain

👤Wisnu AS 🕔Senin 28 September 2020, 07:08 WIB
Meskipun demikian, sejauh ini penyakit itu tidak lebih mematikan daripada flu Spanyol seabad...
Medcom.id

Tidak Ada Perubahan Kurikulum hingga 2021

👤Bay/Aiw/PO/X-7 🕔Senin 28 September 2020, 05:30 WIB
Beberapa yang sudah mulai masuk pembahasan ialah peningkatan kualitas guru dan implementasi mata pelajaran sejarah agar lebih bermakna....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya