Minggu 30 Agustus 2020, 19:25 WIB

Kejar Target Ratio Tes Covid-19, Jabar Bagikan 27 PCR Portable

Nurul Hidayah | Nusantara
Kejar Target Ratio Tes Covid-19, Jabar Bagikan 27 PCR Portable

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi pengetesan sampel untuk mengetahui positif tidaknya seseorang terjangkit Covid-19.

 

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan 27 PCR portable kepada pemerintahan kota dan kabupaten di wilayahnya. Pembagian ini dimaksudkan untuk mengejar ratio pengetesan Covid-19 yang sarankan WHO.

Pembagian PCR portabel dilakukan secara virtual dengan simbolis dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Walikota Cirebon, Nashrudin Azis, di Balaikota Cirebon, Minggu (30/8).

"Jabar sudah membeli sebaganyak 29 PCR portable," ungkap Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Dari jumlah tersebut sebanyak 27 dibagikan ke pemerintah kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat. "Ini bisa digigiwing (ditenteng). Dibawa ke tempat-tempat terpencil," ungkap Emil.

PCR portabel yang dibeli dengan kisaran harga Rp950 juta ini, diharapkan Emil
bisa meningkatkan ratio tes covid-19 di Jawa Barat. Hanya dalam hitungan 40 menit, hasilnya bisa diketahui. PCR portable tersebut juga bisa mengetes hingga 100 sampel setiap harinya.

Sesuai standar WHO, lanjut Emil, warga yang menjalani tes covid-19 dengan menggunakan metode PCR sebanyak 1 persen dari jumlah penduduk. Jabar, dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta, maka yang harus menjalani tes dengan metode PCR sebanyak 500 ribu.

"Kita masih campur. Sedangkan yang menggunakan PCR baru sekitar 200 ribuan," ungkap Emil. Untuk itu dengan menggunakan PCR portable diharapkan bisa meningkatkan ratio pengetesan Covid-19 di Jabar sesuai target yaitu 50 ribu setiap minggunya.

Emil juga meminta kepada kepala daerah di kota/kabupaten di Jabar untuk mewaspadai munculnya kluster di bidang industri. "Ada pola baru yang tidak terduga, kepada yang punya industri di Jabar untuk diwaspadai," ungkap Emil. Fokus pengetesan menurut Emil juga harus dilakukan di sektor industri. (OL-13)

Baca Juga: Angka Positivity Rate Indonesia Belum Penuhi Standar WHO

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pasien Covid yang Dirawat kian Melandai

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 05:00 WIB
Kemenkes RI merilis pasien covid-19 yang masih dirawat di Jatim sebanyak 3.580 merupakan terendah jika dibandingkan dengan tiga provinsi...
PRESIDENTIAL PALACE/AGUS SUPARTO

Menyiapkan Wisata Premium Labuan Bajo

👤JL/Ant/N-2 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:30 WIB
Ia meminta penataan di kawasan wisata ini disesuaikan dengan kondisi alamnya sehingga terlihat natural bagi wisatawan yang akan...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Berharap Harga Sayuran Membaik

👤BN/JS/PO/N-3 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:15 WIB
Biasanya, dalam seminggu, pedagang mengirim dua kali, tapi sepekan terakhir meningkat menjadi empat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya