Minggu 30 Agustus 2020, 17:23 WIB

Menkominfo Targetkan 83 Ribu Desa Teraliri Internet di 2022

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Menkominfo Targetkan 83 Ribu Desa Teraliri Internet di 2022

Ilustrasi
Internet

 

MENTERI  Komunikasi dan informasi Johnny G Plate memastikan, pihaknya akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (ICT) hingga garis terluar wilayah Indonesia.

Upaya itu dilakukan dengan memperluas pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang dapat mengaliri internet ke 83 ribu desa dan kelurahan di Indonesia.

“Di 2020 ini kami akan menyelesaikan untuk upgrading dari 1.209 BTS ke base receiver di seluruh Indonesia. Di 2021 nanti sudah ada dalam road map kami, akan melengkapi pembangunan 4.200 BTS di 4.200 desa di seluruh Indonesia. Tahun 2022, menyelesaikan seluruhnya, menambah 3.700, sehingga pada 2022 nanti seluruh desa dan kelurahan di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 83 ribu sudah tersedia sinyal 4G dan itu akan menjadi infrastruktur yang kuat bagi transformasi digital khususnya mendorong ekonomi digital UMKM, petani, peternak, industri rumah tangga yang menjadi ujung tombak perekonomian kita,” ujarnya dalam High Impact Seminar dan Kick Off Program BI dalam GerNas Bangga Buatan Indonesia secara virtual, Minggu (30/8).

Johnny mengakui, pembangunan infrastruktur ICT bukan sesuatu yang mudah dikerjakan dan biaya biaya yang diperlukann cukup besar. Sebab, selain pembangunan BTS, pengadaan optik fiber agar terhubung ke jaringan serta pembangunan satelit menjadi hal yang tak kalah pentingnya.

Kendati demikian, pada awal September 2020 Kemkominfo akan mengumumkan adanya investasi yang akan masuk pada pembangunan infrastruktur ICT senilai US$400 juta. Pembiayaan itu akan dimanfaatkann untuk membuat satelit multifungsi dengan kapasitas 150 Giga byte (GB) per detik.

“Awal September saya akan announce bahwa sindikasi pembiayaan US$400 juta untuk penempatan satelit multifungsi untuk menambah kekuatan infrastruktur ICT kita. Itu berarti kita akan mempunyai satu satelit besar yang akan siap digunakan pada 2023 dengan kapasitas 150 GB per detik,” imbuh Johnny.

“Sebagai pembanding, 9 satelit yang saat ini kita gunakan 5 nasional dan 4 asing, kapasitasnya sekitar 50 GB, dan kita akan letakan satu satelit baru sebagai pendukung dan penunjang kapasitas kita,” sambungnya.

Baca juga : TMC Upaya Permanen Atasi Karhutla

Lebih dari itu Johnny mengutarakan, meski saat ini pandemi memberikan dampak negatif pada perekonomian di seluruh dunia, belum lama ini ada beberapa negara yang menawarkan komitmennya untuk berinvestasi di bidang infrastruktur digital nasional.

“Saya bertemu dengan beberapa duta besar yang sudah menyampaikan komitmen seperti pemerintah Perancis akan memberikan dukungan pembangunan pusat data nasional Indonesia sekitar US$400. Jumat kemarin duta besar AS bertemu dengan kami, mereka akan mendukung digitalisasi broadcasting Indonesia. pemerintah Jepang juga sama,” jelasnya.

Hal itu, kata Johnny, menunjukkan ekonomi Indonesia dipandang berpotensi bertumbuh positif pascapandemi oleh negara-negara mitra dagang. Itu juga didukung oleh kinerja sektor informasi dan komunikasi yang tumbuh positif di tengah pandemi.

Tercatat, kinerja sektor informasi dan komunikasi pada triwulan I 2020 tumbuh 9,6% dan naik di triwulan II dengan capaian pertumbuhan 10,88%. Padahal, kata Johnny, triwulan II 2020 merupakan momen perekonomian Indonesia sedang terpuruk karena dampak pandemi yang dibuktikan dengan tumbuh minusnya pertumbuhan ekonomi di angka 5,32%.

“Ini satu-satunya sektor yang tumbuh positif. Sektor lainnya juga positif tapi bertumbuh melambat, bahkan ada banyak sektor terkontraksi sangat dalam. Ini memberikan gambaran bahwa akselerasi transformasi digital harus betul-betul disambut dan diantisipasi secara sungguh-sungguh,” pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA

Ria Miranda Rilis Koleksi Baru Elea Bertema Bunga Setaman

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 03:45 WIB
DESAINER muslim berdarah Minang, Ria Miranda, 35, merilis koleksi barunya Fall 2020 bernama Elea yang terinspirasi dari berbagai...
Dok. Istagram@SEOYEJI

Seo Ye-Ji Sembuh dari Trauma karena Peran Moon Young

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 03:15 WIB
AKTRIS Korea Selatan, Seo Ye-ji, 30, mengaku sembuh dari trauma karena...
MI/Tosiani

Isyana Sarasvati Makin Rajin Masak

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 21 September 2020, 02:55 WIB
DI akun Instagram-nya, penyanyi Isyana Sarasvati, 27, lebih sering memegang kibor atau piano daripada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya