Minggu 30 Agustus 2020, 17:19 WIB

28 Rumah Adat di Lembata Hangus Terbakar

Alexander P. Taum | Nusantara
28 Rumah Adat di Lembata Hangus Terbakar

Ilustrasi
Kebakaran

 

SEBANYAK 28 rumah adat hangus dilalap api setelah terjadi kebakaran di kampung Napaulun, Desa Buga Muda, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Minggu (30/8) sekitar pukul 14.00 Wita.  Beruntung, 8 buah rumah adat dapat diselamatkan warga yang datang membantu memadamkan api.

Warga yang berasal dari dua Desa yakni Desa Bunga Muda dan Desa Napasabok tampak sigap membantu memadamkan Kebakaran tersebut, meski dengan peralatan seadanya.

Warga menduga, api berasal dari arah timur kampung adat tersebut. Api yang terus menjalar karena hempasan angin yang kencang di wilayah gunung Ile Lewotolok, ditopang udara terik di siang bolong, memudahkan api melahap puluhan bagunan tradisional itu dalam tempo singkat.

Upaya pemadaman dilakukan warga dengan menggunakan ranting tanaman. Sedangkan upaya mencari bantuan mobil pemadam kebakaran yang berada di Kota Lewoleba, tidak membuahkan hasil. Api lebih cepat menghanguskan bangunan rumah adat tersebut.

Baca juga : Taman Emmy Saelan Menambah RTH di Makassar

‘’Belum ada mobil pemadam kebakaran, api sudah makan rumah adat banyak. Dari 34 rumah adat, yang terbakar ada 24 buah.Untung ada 8 buah rumah berhasil diselamatkan warga,’’ ujar Tedi, warga Desa Bunga Muda.

Setelah menghanguskan 28 unit rumah adat, api terus mengarah ke bagian Barat Gunung berapi Ile Lewotolok. Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Lembata, Kanisius Making belum berhasil dihubungi.

Kampung Napaulun, adalah kampung adat milik Dua Desa yakni Desa Bunga Muda dan Desa Napasabok, Kecamatan Ile Ape.Kampung adat tersebut selalu menjadi lokus ritual pesta kacang setiap tahun. Kampung tersebut memiliki arti penting bagi warga karena menjadi sumber kekuatan spitirual dalam tradisi warga setempat.(OL-2).

Baca Juga

Ilustrasi

Sejumlah Pegawai Bank di Sorong, Positif Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Minggu 27 September 2020, 22:55 WIB
Sejumlah pegawai perbankan di Sorong positifCovid19 berdasarkan  hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan dari...
Ilustrasi

Ini Enam Daerah di Sumut dengan Penyebaran Covid-19 Tinggi

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 27 September 2020, 22:49 WIB
Sebaran penularan tinggi virus covid-19 sudah menjangkau enam daerah di Sumatra Utara, meskipun pemerintah daerah sudah melakukan berbagai...
dok.mi

Ende Kembali menjadi Zona Hijau Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 September 2020, 21:15 WIB
SEBANYAK 13 pasien korona (covid-19) yang menjalani perawatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sembuh, Minggu (27/9), dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya