Minggu 30 Agustus 2020, 16:03 WIB

India Catat Kenaikan Harian Tertinggi Covid-19 di Dunia

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
India Catat Kenaikan Harian Tertinggi Covid-19 di Dunia

AFP/Noah Seelam
Petugas kesehatan melakukan tes cepat covid-19 terhadap warga di Hyderabad, India.

 

INDIA mencatat kenaikan dalam satu hari kasus Covid-19 tertinggi di dunia, Minggu (30/8), dengan 78.761 infeksi baru.

Lonjakan kasus baru, tertinggi yang dilaporkan oleh negara mana pun di dunia sejak pandemi bermula, melampaui angka 17 Juli sebanyak 77.638 kasus di Amerika Serikat menurut penghitungan AFP.

Baca juga: 

India, rumah bagi 1,3 miliar orang, sudah menjadi negara paling terinfeksi ketiga di dunia dengan lebih dari 3,5 juta kasus, di belakang AS dan Brasil.

Otoritas India pada Sabtu (29/8) semakin mengurangi langkah pembatasan dan penguncian virus korona bahkan ketika kasus dan kematian melonjak di seluruh negeri.

Pemerintah menghadapi tekanan untuk membuka ekonomi sepenuhnya karena jutaan orang kehilangan pekerjaan sejak pembatasan nasional pertama kali diberlakukan pada Maret.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan pertemuan hingga 100 orang akan diizinkan dengan mengenakan masker dan jarak sosial di acara budaya, hiburan, olahraga, dan politik mulai bulan depan.

Layanan kereta metro juga akan diizinkan untuk dilanjutkan secara bertahap di kota-kota besar.

Virus korona telah melanda kota-kota besar seperti Mumbai dan New Delhi, tetapi sekarang melonjak di kota-kota kecil dan daerah pedesaan.

Pedoman pemerintah yang baru memerintahkan sekolah dan perguruan tinggi untuk tetap tutup tetapi pelajar dapat bertemu dengan guru secara sukarela di lingkungan sekolah jika diperlukan.

Pemerintah telah menolak kampanye massal pelajar yang menuntut penundaan ujian masuk perguruan tinggi kedokteran dan teknik yang akan diikuti oleh sekitar dua juta siswa bulan depan.

Siswa mengatakan mereka takut tertular virus di ruang ujian di seluruh negeri. Pihak berwenang mengatakan mereka mengambil tindakan khusus untuk ujian.

Pemerintah juga mengatakan masing-masing negara bagian tidak dapat memberlakukan penguncian umum di luar area yang dianggap 'zona penahanan' tempat klaster kasus dilaporkan. Beberapa negara bagian telah memberlakukan tindakan yang lebih keras dalam beberapa pekan terakhir karena meningkatnya kasus.

Partai oposisi utama, Kongres, telah meminta pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi untuk membuat rencana tegas untuk menghentikan penyebaran pandemi. (AFP/CNA/OL-6)

Baca Juga

AFP/Saul Loeb

FBI Sebut Rusia Masih Campuri Pilpres AS

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 18 September 2020, 15:44 WIB
Rusia diduga menggencarkan kampanye negatif terhadap kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden. Beragam hoaks juga disebar untuk...
AFP/KOEN VAN WEEL

Belarus Tutup Perbatasan dengan Polandia dan Lituania

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 18 September 2020, 11:16 WIB
"Kami sangat menyesal, kami terpaksa memperkuat perbatasan kami dengan persaudaraan...
AFP/MENAHEM KAHANA

Netanyahu: Tak Ada Pilihan Selain Memperketat Lockdown

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 18 September 2020, 10:27 WIB
Netanyahu mendesak publik untuk selalu memakai masker dan menghindari pertemuan sehingga virus bisa dicegah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya