Minggu 30 Agustus 2020, 14:49 WIB

Balap Sepeda, Sriwijaya Ranau Grand Fondo Digelar November

Dwi Apriani | Nusantara
Balap Sepeda, Sriwijaya Ranau Grand Fondo Digelar November

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Selatan siap gelar Ranau Grand Fondo pada November 2020. Olahraga balap sepeda jarak jauh yang menempuh jarak sekitar 115 kilometer ini merupakan agenda tahunan dari pemerintah provinsi tersebut.

Hingga saat ini, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Selatan mencatatkan telah terdaftar 920 peserta dari 10 provinsi di Indonesia. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal, menyebutkan seperti tahun lalu, pihaknya juga telah mengundang peserta dari luar Indonesia.

Namun, karena belum adanya penerbangan internasional di Sumsel di masa pandemi Covid-19, hingga kini belum ada negara yang menyatakan siap mengikuti agenda olahraga tersebut.

"Ada tiga negara yang sudah dikontak yakni Australia, Malaysia, dan Singapura. Saat ini kami masih menunggu konfirmasi keikutsertaan mereka," ujarnya, Minggu (30/8).

Meski agenda pariwisata berskala internasional akan tetap digelar, lanjut Aufa, ada beberapa agenda pariwisata berskala besar di Sumsel yang terpaksa tidak diselenggarakan karena Pandemi Covid-19.

Baca juga : 16 Kecamatan di Semarang Kena Covid-19, Semarang Barat Tertinggi

Adapun agenda yang batal diselenggarakan yaitu Festival Sriwijaya, Festival Danau Ranau, kemudian agenda budaya seperti pagelaran tari Melayu Nusantara, Festival Gendang dan beberapa agenda wisata di kabupaten dan kota di Sumsel.

"Untuk pemulihan pariwisata di masa pandemi dibutuhkan kerja sama dengan penta heliks pemerintah, akademisi, pelaku pariwisata, komunitas dan media," jelas dia.

Aufa mengatakan, meski kasus Covid-19 masih terus bertambah di Sumsel namun perlahan sektor pariwisata sudah mulai berjalan normal.

Pembukaan kembali beberapa objek wisata di Sumsel pun menerapkan protokol kesehatan. Misalnya saja agenda wisata belanjaSriwijaya Great Sale yang telah digelar pada pertengahan Agustus lalu.

Hotel, restoran, serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pendukung sektor pariwisata Sumsel pun sudah menggeliat kembali.

"Penerbangan sudah mulai meningkat. Okupansi hotel sudah 30-40 persen. Kita optimis dan sepanjang protokol kesehatan dipatuhi kegiatan wisata tidak akan menambah penularan Covid-19," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA

KA Serayu Anjlok, Lalu Lintas Kereta Lintas Selatan Alami Gangguan

👤Kristiadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 22:11 WIB
Saat kejadian, KA Serayu membawa 6 rangkaian termasuk kelas ekonomi. Dalam peristiwa itu, semua penumpang dalam kondisi...
DOK MI

Pemkot Tasikmalaya Cegah Penyebaran Covid-19 dari Klaster Ponpes

👤Kristiadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 20:48 WIB
Puluhan santri yang positif Covid-19, saat ini telah ditangani. Sebagian menjalani perawatan di RSUD SMC Singaparna dan sebagian lagi...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Sumbar Peringati Hari Jadi ke-75

👤Yose Hendra 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 20:40 WIB
Mudah-mudahan peringatan ini dapat memberikan motivasi dan momentum semangat dan pemikiran bagi masyrakat Sumbar agar menjadi lebih baik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya