Minggu 30 Agustus 2020, 12:01 WIB

Dua Kader PKS Wafat, Bakal Ada PAW Anggota DPRD DKI

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Dua Kader PKS Wafat, Bakal Ada PAW Anggota DPRD DKI

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di ruang sidang paripurna DPRD DKI Jakarta.

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menuturkan bakal ada mekanisme penggantian antarwaktu (PAW) anggota dewan.

Hal itu terkait dua anggota DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta yang meninggal dunia pada tahun ini. Mereka ialah Dany Anwar dan Umi Kulsum.

"Iya ada PAW nanti. Sesuai ketentuan, suara terbanyak di bawahnyalah yang menggantikan mereka," ujar Taufik kepada Media Indonesia, Minggu (30/8).

Baca juga: Singgung Anies, Ketua DPRD : Bahaya Bos Tutupin Kasus Covid-19!

Dany Anwar berasal dari DPRD daerah pemilihan (dapil) 1 Jakarta Pusat. Sedangkan Umi Kulsum dari DPRD Dapil 6 Jakarta Timur. Caleg dengan suara terbanyak di bawah mereka yang bakal bergabung dengan 104 anggota dewan lainnya.

Taufik menjelaskan, yang mengusulkan nama calon anggota dewan PAW ialah Fraksi PKS itu sendiri.

"Diusulkan oleh partainya lalu diserahkan namanya ke pimpinan dewan. Pimpinan dewan akan bersurat ke KPU," jelas politikus Gerindra itu.

Nanti, KPU akan memverifikasi kebenaran nama calon PAW tersebut apakah mendapat suara terbanyak setelah Dany Anwar dan Umi Kulsum. Setelah proses selesai di KPU, calon anggota DPRD PAW tersebut akan dilantik pimpinan dewan.

"Lama atau cepatnya tergantung partai itu sendiri yang mengusulkan," pungkas Taufik.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DKI Mohammad Arifin membenarkan rekan sejawatnya, Umi Kulsum, meninggal dunia pada Sabtu (29/8). Ia menyebut penyebab meninggalnya bukan karena covid-19.

"Beliau wafat karena penyakit komplikasi yg dideritanya. Beliau wafat di RS Persahabatan, setelah beberapa hari dalam kondisi koma. Sebelum wafat, 2 kali di-swab hasilnya negatif," jelas Arifin saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Dany Anwar meninggal dunia pada Senin (3/8). Ia menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Angkatan Laut Mintohardjo pada pukul 09.00 WIB karena sakit. (OL-1)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Mal kian Terpuruk PSBB Anies Digugat

👤Ins/Pra/X-6 🕔Selasa 29 September 2020, 04:54 WIB
Sektor ritel dan tenant enam bulan ini dalam tekanan sangat berat. Lalu, kami menghadapi adanya PSBB jilid II dan restoran tidak bisa dine...
MI/IMMANUEL ANTONIUS

Bea Cukai Pastikan Minol Oplosan Daring Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 29 September 2020, 03:30 WIB
Saat ini, lanjutnya, pihak Intelijen dan Penindakan Bea dan Cukai tengah menelusuri adanya minol oplosan yang dijual secara daring...
MI/Usman Kansong

Sekda Depok Instruksikan Pembongkaran Bangunan Liar di Sungai

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 29 September 2020, 03:25 WIB
Hardiono menegaskan bangunan liar di RT OO5 RW O5 Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok mengganggu aliran sungai sehingga perlu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya