Minggu 30 Agustus 2020, 02:30 WIB

Candra Darusman Jangan Bunuh Kreativitas

MI | Humaniora
Candra Darusman Jangan Bunuh Kreativitas

MI/Retno Hemawati
Musikus Candra Darusman

 

POLEMIK hak cipta di dunia digital kini disorot, satu di antaranya kepemilikan karya musik yang di-cover secara bebas di platform digital Youtube. 

Selain memudarnya nama pencipta, dampaknya karya tersebut juga digunakan untuk mengeruk keuntungan personal. Sebagai musikus, Candra Darusman, 63, menuturkan falsafah atau gagasan hak cipta dapat dipandang sebagai keseimbangan antara individu, yakni pencipta, pemilik master rekaman, dan kepentingan umum.

“Monopoli dalam hak cipta itu tidak bersifat absolut atau 100%, ada pengecualian, pembatasan yang perlu dan memang tertera dalam undang-undang untuk kepentingan umum jangan sampai diabaikan,” kata Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia (Fesmi).

Perihal hak cipta dalam cover lagu, ujar Candra, ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan selain aspek hukum, seperti teknologi dan model bisnis yang berputar di dunia digital. Misal, Youtube kini bisa diakses semua lapisan masyarakat dengan mudah.

“Jangan sampai apa yang kita sampaikan ini membunuh kreativitas sebab UU Hak Cipta merupakan keseimbangan antara kebebasan berkreasi dan tidak melanggar kepentingan individu,” pungkasnya. 

Baca Juga

Antara

Ketua KPU Sulsel Positif Covid, Pernah Semobil dengan Ketua KPU RI

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 19 September 2020, 14:50 WIB
KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan Fiasal Amir terkonfirmasi covid-19. Sebelumnya, Faisal mendampingi Ketua KPU RI...
Istimewa

Sambut Mahasiswa, Unas Kenalkan Kampus secara Virtual

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 September 2020, 14:00 WIB
PADA semester ganjil tahun akademik 2020/2021, Unas menyambut mahasiswa baru lewat Pengenalan Lingkungan Kampus dan Budaya Akademik (PLBA)...
dok.medcom

Salah Satu Anggota Dewas KPK Positif Korona

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 September 2020, 13:40 WIB
SALAH SATU anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Syamsudin Haris mengaku terpapar virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya