Minggu 30 Agustus 2020, 02:05 WIB

Menghidupkan Ikon Piza 1990-an

MI | Weekend
Menghidupkan Ikon Piza 1990-an

MI/M. Irfan
Salah satu menu favorit di Pizzeria Restauran

ERA 1990-an di Jakarta, makanan Barat seperti piza dan burger tidak hanya diburu karena rasa, makanan tersebut juga perlambang eksistensi, khususnya bagi anak muda.

Salah satu gerai piza yang terkenal ialah Pizzeria Restaurant yang terletak di hotel megah di kawasan Senayan. Kini, restoran tersebut hadir kembali dengan nama baru, Sultan Pizzeria, sesuai dengan lokasinya di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Seiring dengan dimulainya masa kebiasaan baru, Sultan Pizzeria resmi dibuka sejak 9 Agustus. Berada di dekat taman berair mancur di area tower utama, pengunjung dapat bersantap dengan ditemani suasana yang asri dan rileks.

Di sisi lain, pengelola tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan pembatasan jumlah pengunjung dan penjarakan tempat duduk. Hari operasional pada masa awal ini juga hanya pada Jumat dan Sabtu mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. 

Sebab itu, pengelola menyebut konsep awal Sultan Pizzeria ini sebagai flash restaurant. Soal hidangan, Executive Chef The Sultan Hotel Andry Stefanus menjelaskan jika pemanggangan tetap menggunakan metode tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar khusus dari kayu rambutan.  Pemanggangannya pun tidak memakan waktu lama, yaitu sekitar 1 sampai 2 menit pada kisaran suhu 250 derajat
celsius untuk menghasilkan piza yang renyah.

“Kami ingin memberikan cita rasa khas Italian pizza, jadi kami menggunakan metode klasik ini, memanggangnya dengan kayu bakar, yang baik kayu rambutan biar aromanya wangi. Pizanya hanya perlu didekatkan ke kayu bakar selama beberapa menit agar kejunya melted dan teksturnya jadi crispy karena ciri khas piza Italia itu kan crispy, ini yang ingin kami tonjolkan dengan metode tradisional,” ujarnya saat ditemui, Jumat (21/8).

Sebagai menu utama, Sultan Pizzeria masih mempertahankan jenis piza klasik Italia dengan ukuran medium (26 cm) untuk 6 potong. Piza itu diperuntukkan bagi pencinta daging karena berisikan tiga jenis daging, yaitu sosis sapi, rogut sapi bolognaise, dan pepperoni sapi dengan
lumeran keju mozzarella.

Bagi pencinta hidangan laut, dapat memilih piza seafood marinara. Piza ini ditaburi kerang, udang, dan cumi-cumi. Bagi Anda yang tidak me ngonsumsi daging, Sultan Pizzeria memiliki piza vegetariano yang seluruh topping-nya sayuran, seperti paprika (capsicum), zucchini, terong, serta bayam yang menyatu dalam lumeran mozzarella.

“Pangsa pasarnya semua umur. Jadi, di sini kita ada untuk pencinta daging, seafood, hingga vegetarian, kita ada semua, cuma mungkin istimewanya buat tamu-tamu yang dulu sering ke Pizzeria pada 1990-an, pasti kalau ke sini itu bring back the memories gitu,” aku chef Andry.

Selama Agustus ini, Sultan Pizzeria menyiapkan piza khusus untuk memperingati HUT ke-75 RI, yaitu piza ayam woku sambal dabu-dabu. Piza ini berisi suwiran ayam panggang dengan bumbu woku khas Manado, kerang, dan udang, kemudian diakhiri dengan taburan keju mozzarela dan sambal dabu-dabu yang pedasnya pecah di mulut.

Selain piza, Sultan Pizzeria juga menawarkan aneka hidangan pasta khas Italia lain yang cukup familier bagi lidah orang Indonesia. Di antaranya spaghetti bolognaise, fettucinne fruti di mare, yakni pasta pipih yang berisikan aneka olahan seafood. Fettucinne ini juga disajikan dalam mangkuk stainless besar yang bisa disantap bertiga. (Bus/M-1)

 

Baca Juga

Youtube Salihara Arts Center

Komposisi untuk Para Ibu

👤Abdillah Marzuqi 🕔Minggu 27 September 2020, 23:31 WIB
Jeng Sri ialah pengejawantahan Dei Sri sang Dewi Padi, juga Dewi...
DOK ARIANI ARIANA

Outer Pelindung Diri

👤 (Pro/M-1) 🕔Minggu 27 September 2020, 06:15 WIB
TIDAK hanya tenaga medis, masyarakat umum juga banyak yang merasa membutuhkan busana yang dapat melindungi diri dari paparan kuman dan...
DOK YOURSCRUBSID

Tampilan Modis untuk Pejuang Medis

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 27 September 2020, 06:10 WIB
SEJAK pandemi melanda, Lisa Indrayanti banyak mendengar keluh kesah dari para kenalannya yang berprofesi sebagai tenaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya