Sabtu 29 Agustus 2020, 13:55 WIB

Pesepeda Semakin Padat, Pemkot Jakpus Serahkan ke Anies

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pesepeda Semakin Padat, Pemkot Jakpus Serahkan ke Anies

Antara
Pesepeda tengah melintas di lajur khusus sepeda di Jln. MH Thamrin, Jakarta Pusat.

 

PEMERINTAH Kota Jakarta Pusat mengemukakan kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin yang setiap akhir pekan selalu dipadati para pesepeda.

Para pesepeda datang dari penjuru kota tidak terkecuali dari daerah tetangga. Kepadatan tetap terjadi meski Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menyediakan dua lajur paling kiri di sisi timur maupun barat jalan tersebut bagi para pesepeda.

Padahal Pemprov DKI sudah meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan tersebut.

"Iya itu lokasi favorit. Ya sebetulnya kan sepedaan bisa di mana saja. Esensinya bisa di mana saja," ungkap Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (29/8).

Irwandi mengatakan pihaknya sudah menyosialisasikan agar masyarakat yang memiliki minat bersepeda untuk menggunakan kawasan lain. Sebab, kawasan yang terlalu padat dikhawatirkan menjadikan risiko penularan covid-19 tinggi karena protokol kesehatan yang dijalankan tidak ideal.

Sementara itu, ia mengaku tidak bisa menuntut penutupan kawasan itu dari para pesepeda. Ia menyerahkan seluruh kebijakan itu kepada pimpinan Ibu Kota.

"Karena itu ranahnya provinsi, kita pemkot nggak bisa minta itu. Terserah mau terus dibuka atau tidak jalurnya tapi sekali lagi kenyataannya seperti itu. Kita dari pemerintah kan sebisa mungkin mencegah," terangnya.

Untuk mengakali kepadatan itu, sebenarnya Pemkot Jakpus sudah menyediakan kawasan lain untuk para pesepeda. Tapi para pesepeda tetap berlalu lintas menuju Sudirman-Thamrin.(OL-13)

Baca Juga: Jumlah Pesepeda di Jakarta Naik 1.000% selama PSBB Transisi

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Pemprov DKI Terus Keruk Sungai Tingkatkan Kapasitas Air

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 13:05 WIB
Adapun pengerukan sungai ini bertujuan meningkatkan kapasitas air. Sehingga, saat curah hujan deras dan menimbulkan genangan air,...
MI/Fransisco Carolio

HUT KAI, Ada Diskon 25 Persen Tiket KA Jarak Jauh

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:35 WIB
Adapun diskon ini untuk keberangkatan Kereta Api (KA) Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Stasiun area Daop 1...
ANTRA FOTO/Fakhri H

Soal Isolasi Mandiri, PDIP: Kebijakan Anies Sering tak Terukur

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:15 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak mengkritik kebijakan yang dikeluarkan Anies lantaran sering tak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya