Sabtu 29 Agustus 2020, 09:40 WIB

Prancis Alami Peningkatan Eksponensial Kasus Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Prancis Alami Peningkatan Eksponensial Kasus Covid-19

AFP/PHILIPPE LOPEZ
Seorang warga Paris memakai masker berjalan di sekitar Menara Eiffel Paris. Kasius covid-19 di negara itu melonjak tinggi.

 

PRANCIS telah mencatat kenaikan harian terbesar dalam infeksi virus korona (covid-19) sejak Maret, ketika Presiden Emmanuel Macron meningkatkan kemungkinan penguncian nasional lainnya. Sebanyak 7.379 kasus dikonfirmasi, Jumat (28/8), sehingga total di negara itu menjadi 267.077. Itu adalah lonjakan harian terbesar sejak 31 Maret, ketika 7.578 kasus dicatat pada puncak gelombang pertama. 

Prancis melihat peningkatan eksponensial dalam kasus baru covid-19, kata Kementerian Kesehatan setempat. Dikutip BBC, Kementerian Kesehatan mengatakan kenaikan Jumat mengikuti kenaikan harian 6.111 pada Kamis dan 5.429 pada Rabu.

Meskipun terjadi peningkatan tajam, jumlah pasien rumah sakit dan kematian harian relatif stabil karena rata-rata dirawat saat ini adalah anak muda yang cenderung kurang rentan terhadap covid-19. Sedangkan jumlah kematian di Prancis menjadi 30.596. Sesaat sebelum angka Jumat dirilis, Macron mengatakan penguncian nasional kedua tidak dapat dikesampingkan jika infeksi tidak terkendali.

Namun dia mengatakan pemerintahnya berusaha untuk menghindari penerapan kembali pembatasan yang akan menghambat pemulihan ekonomi negara yang sedang rapuh. 

"Penguncian adalah tindakan paling keras untuk melawan virus," kata Macron.

baca juga: Tertinggi Setelah Maret, Prancis Catat 6.111 Kasus Baru Covid-19

Prancis mulai mengurangi penguncian selama delapan minggu di Mei. Tetapi beberapa bagian negara termasuk ibu kota Paristetap di bawah kendali lebih ketat. Otoritas lokal telah diberi wewenang untuk menegakkan tindakan penguncian, seperti menutup bar dan restoran, di daerah kasus meningkat. (OL-3)


 

Baca Juga

AFP

Joe Biden Lontarkan Insyaallah saat Tanggapi Debat Trump

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:04 WIB
Pada saat debat Presiden Amerika Serikat (AS) berlangsung Selasa (29/9) malam, kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden terdengar...
James Gilbert / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Susi Pudjiastuti akan Berbagi Cerita dengan Mike Tyson

👤Media Indonesia 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 21:10 WIB
"Untuk saya pribadi ini suatu kebanggaan dan surprise luar biasa diberi kesempatan mewawancarai Mike Tyson," kata...
AFP

AS Ancam Blokir Jika Kesepakatan TikTok-Oracle Membahayakan

👤Mediainonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:40 WIB
Jual-beli antara ByteDance, perusahaan induk TikTok, dengan Walmart Inc dan Oracle Corp belum menemui kesepakatan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya