Sabtu 29 Agustus 2020, 04:15 WIB

Titik Panas Terus Bertambah

(RF/BB/JS/GL/AD/N-2) | Nusantara
Titik Panas Terus Bertambah

(Rendy Ferdiansyah)
Kepala BPBD Babel mikron antariksa.

 

DALAM sehari, jumlah titik panas yang diduga disebabkan kebakaran lahan di Bangka Belitung bertambah tiga kali lipat. Jika sebelumnya ada 38 titik, kemarin menjadi 106 titik.

"Tersebar di 7 kabupaten dan kota. Tingkat akurasinya cukup tinggi sehingga diduga titik panas itu ialah kebakaran lahan," kata Kepala BPBD Mikron Antariksa.

Babel mengalami puncak kemarau. Cuaca siang hari sangat panas.

Di Cianjur, Jawa Barat, lahan pertanian di Desa Nagrak mulai terdampak kemarau. Pasokan air untuk persawahan sudah sangat menyusut.

"Petani sulit melakukan percepatan tanam karena pasokan air sangat minim. Kami sudah harus menerapkan gilir giring air sehingga semua lahan persawahan bisa teraliri," tutur Kepala Desa Hendi Saepul Maladi.

Sementara itu, krisis air bersih juga dirasakan warga di 49 desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampai kemarin, BPBD baru mengirim bantuan air bersih untuk 7 desa.

"Kami sudah mengirim 272 tangki yang berkapasitas 5.000 liter per tangki ke tujuh desa," kata Kepala Pelaksana BPBD Sip Anwar.

Di ujung timur Indonesia, BPBD Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, juga sudah harus mengirim bantuan air bersih ke sejumlah desa. "Hampir semua kecamatan mengalami kekeringan. Kami baru mengirim air untuk dua desa," kata Kepala BPBD Muhammad Daeng Bakir. (RF/BB/JS/GL/AD/N-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dua Sirine Peringatan Dini Tsunami di Banten Berfungsi Kembali

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:24 WIB
Dua sirine itu kembali berfungsi setelah adanya perbaikan oleh Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG)...
Dok MI

Pemprov Rombak Direksi Bank Sumut

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:18 WIB
"Kami berharap jajaran manajemen yang baru dapat saling bersinergi dan dapat membawa Bank Sumut menjadi lebih baik lagi,"...
ANTARA

KA Serayu Anjlok, Lalu Lintas Kereta Lintas Selatan Alami Gangguan

👤Kristiadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 22:11 WIB
Saat kejadian, KA Serayu membawa 6 rangkaian termasuk kelas ekonomi. Dalam peristiwa itu, semua penumpang dalam kondisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya