Jumat 28 Agustus 2020, 23:21 WIB

Perguruan Tinggi Ikut Dampingi UMKM Menuju Digitalisasi

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Perguruan Tinggi Ikut Dampingi UMKM Menuju Digitalisasi

Dok. Universitas Mercu Buana
Pendampingan UMKM yang dilakukan Uniiversitas Mercu Buana

 

SEKTOR Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi sejumlah persoalan di masa pandemi covid-19. Salah satunya, penurunan angka penjualan. Penjualan yang menurun membutuhkan strategi jitu untuk kembali meningkatkan angka penjualan. Salah satu cara untuk meningkatkan penjulan adalah melalui promosi. 

Ditengah pandemi covid-19 ini, promosi melalui media digital merupakan pilihan tepat untuk tetap melakukan maupun meningkatkan penjualan. Di sisi lain, tidak semua pelaku UMKM memahami dan berteman baik dengan media digital.

Menyadari kondisi itu, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana melakukan sosialisasi dan pendampingan bagi para pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Cibodas, Tangerang, Banten terkait pemanfaatan media digital sebagai sarana komunikasi pemasaran.

Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Inge Hutagalung menyatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait media digital didasari adanya pergeseran pengolahan komunikasi pemasaran yang semula bertumpu pada proses pengolahan informasi secara individu berdasarkan kebutuhan diri, saat ini telah menjadi proses pengolahan informasi yang disebar luaskan dulu keruang maya sebelum sebuah tindakan dilakukan.

Baca juga : Banyak Sekolah di Zona Hijau dan Kuning Masih Laksanakan BDR

Lebih lanjut, Inge Hutagalung menegaskan bahwa acara Diseminasi Hasil Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana TA 2019/2020 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Agustus lalu juga merupakan wujud tanggungj awab sivitas akademika Universitas Mercu Buana dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. 

"Kegiatan Diseminasi dirancang dengan melibatkan sivitas akademika Universitas Mercu Buana dan merupakan forum para dosen untuk memaparkan penerapan, pengamalan serta pembudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya penyelesaian masalah sosial masyarakat melalui pemberdayaan menuju kesejahteraan masyarakat Indonesia," kata Inge dalam keterangan tertulisnya. 

Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat Agus Ramdani menegaskan, manfaat kerjasama secara Pentahelix dengan Unit Pengabdian Pada Masyarakat UMB telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar kampus dan untuk selanjutnya diharapkan dapat ditingkatkan dan tetap terbina dengan baik dimasa mendatang. (RP/OL-7) 

Baca Juga

DOK KEMENSOS

Mensos Pastikan Penyerapan Anggaran PEN TA 2020 Tetap Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:20 WIB
Perlu dicatat, kata Mensos, lebih separuh anggaran PEN dengan pagu Rp204,95 triliun TA 2020, berada di...
Antara/Rahmad

Hari Ini, Kasus Covid-19 Bertambah 4.494 Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:11 WIB
Jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia mencapai 271 ribu orang. Pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh sejauh ini...
MI/Fransisco Carolio

KPAI: Banyak Anak Alami Kekerasan Fisik dan Psikis Saat Pandemi

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 26 September 2020, 16:16 WIB
Berdasarkan survei KPAI, kekerasan fisik dan psikis dilakukan anggota keluarga terdekat, seperti ayah atau ibu, kakek atau nenek, hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya