Sabtu 29 Agustus 2020, 00:35 WIB

IBA-MMA Fokus Siapkan Atlet Menuju PON

MI | Olahraga
IBA-MMA Fokus Siapkan Atlet Menuju PON

AFP
Bela diri Mix Martial Art

IKATAN Bela Diri Amatir Mix Martial Art (IBA-MMA) tengah mempersiapkan atlet-atlet mereka untuk bisa mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada tahun depan.

Setelah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), IBA-MMA menargetkan diri untuk bisa mengikuti ajang kompetisi empat tahunan itu. 

“Selain PON untuk target jangka pendek, target menengahnya ikut kejuaraan nasional dan kejuaraan daerah. Kalau bisa, ikut SEA Games. Target jangka panjangnya, tentu ikut kompetisi tingkat dunia,” ungkap Ketua Umum IBA-MMA Dwi Badarmanto ketika dihubungi, kemarin.

Namun, yang diprioritaskan IBA-MMA saat ini menurut Dwi ialah mengonsolidasi kepengurusan pengurus pusat dan daerah. Akan ada road show ke Pengurus Provinsi (Pengprov) IBA-MMA untuk memberikan pengarahan dan sekaligus menampung masukan dari daerah untuk menajamkan program kerja.

Pengesahan IBA-MMA sebagai anggota KONI dilakukan secara virtual pada Kamis (27/8). Selain IBA-MMA, yang resmi jadi bagian KONI ialah Persatuan Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI), Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), dan Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI).

Berikutnya Perkumpulan Binaraga Fitnes Indonesia (PB PBFI), Perkumpulan AngkatBesi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB PABERI), dan Federasi Ice Skating Indonesia (FISI). Pengesahan IBA-MMA langsung disambut dengan gembira oleh atlet tarung bebas Antonius Munyak. 

Menurut dia, dengan pengesahan menjadi anggota KONI, keberadaan organisasinya sama dengan induk organisasi olahraga lain seperti Pertina, PBSI, Perbasi, dan PRSI.  “Kami sudah menunggu kabar baik ini bertahun-tahun dan diterimanya IBA-MMA menjadi anggota KONI membuat saya dan teman-teman sesama atlet bela diri pertarungan bebas ini semakin semangat berlatih dan termotivasi untuk berprestasi maksimal,” kata Antonius.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Marciano Norman mengatakan ada satu induk cabang yang belum bisa jadi anggota KONI, yaitu Federasi Wing Chun Indonesia (FWCI), karena ada persyaratan pendukung yang belum terpenuhi.

Marciano pun mengharapkan seluruh anggota baru dapat menyesuaikan diri dengan kultur KONI untuk memajukan prestasi olahraga di Indonesia. (Dmr/Ant/R-3)
 

Baca Juga

AFP/ Mike Ehrmann/Getty Images

Menang di Gim 3, Nuggets Pangkas Jarak dari Lakers Jadi 2-1

👤Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 23 September 2020, 12:15 WIB
Jamal Murray mencetak angka terbanyak untuk Nuggets dengan 26 poin untuk memastikan kemenangan 114-106 atas...
AFP/Mike Ehrmann / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Billy Donovan Pelatih Anyar Bulls

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 23 September 2020, 10:57 WIB
Tahun ini, Donovan dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA bersama pelatih Milwaukee Bucks Mike...
rolandgarros.com

Ann Li Menang di Kualifikasi Putaran Pertama Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 23 September 2020, 10:30 WIB
Petenis berusia 20 tahun itu tampil meyakinkan di Roland Garros dengan menaklukan petenis Belanda Indy de Vroome dua set langsung 7-6(6)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya