Jumat 28 Agustus 2020, 03:20 WIB

Jadi Tontonan karena tidak Pakai Masker

Liliek Dharmawan | Nusantara
Jadi Tontonan karena tidak Pakai Masker

Dok. Humas Purbalingga
Razia Pemakaian Masker oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

 

JANGAN heran jika saat berkeliling Purbalingga, Jawa Tengah, Anda akan melihat sejumlah warga melakukan aksi bersih-bersih lingkungan diawasi polisi dan tentara. Tidak aneh juga ada pemandangan saat sejumlah warga membaca Pancasila dengan keras atau menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas trotoar.

“Itu ialah bentuk sanksi yang kami berikan kepada warga yang melanggar protokol kesehatan. Kebanyakan tertangkap karena tidak mengenakan masker saat berkegiatan di tempat keramaian,” kata Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, Satpol PP Purbalingga, Wijayanto, kemarin.

Dalam sebulan terakhir, tim gabungan Satgas Covid- 19 menggelar razia. Hasilnya, sekitar 300-an warga terjaring karena melanggar protokol kesehatan.

“Razia ini sebagai bagian dari penerapan Inpres No 6 Tahun 2020. Dengan adanya razia, diharapkan masyarakat semakin sadar untuk terus mengenakan masker di tempat umum,” tambah Wijayanto.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi juga mendukung razia masker terus digelar. “Kami juga mengimbanginya dengan mendistribusikan masker gratis untuk masyarakat.”

Masih di Jawa Tengah, Kudus juga menggulirkan Peraturan Bupati No 41 Tahun 2020 untuk mendisiplinkan warga mematuhi protokol kesehatan. “Sanksinya cukup berat, yakni denda Rp50 ribu bagi yang tidak memakai masker,” kata Plt Bupati HM Hartono.

Yang tidak punya uang untuk membayar denda? Warga yang tidak disiplin bisa dikenai sanksi sosial, yakni menyapu jalan dan trotoar.

Sepakat dengan sanksi, Bupati Semarang Mundjirin juga membuat kebijakan menerapkan sanksi denda. “Ada sanksi sosial, tetapi ada juga denda Rp10 ribu-Rp150 ribu.”

Di Pulau Sumatra, Bengkulu juga tidak mau penjangkitan covid-19 terus tinggi gara-gara warga tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kami menerapkan sanksi denda Rp100 ribu-Rp2,5 juta.

Yang tertinggi untuk perusahaan yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” papar Kepala Satpol PP, Murlin Hanizar. Bangka Belitung juga bergiat dengan membagikan masker di pusat-pusat keramaian.

“Kami masih tahap mengedukasi warga dan membagikan masker gratis,” kata Sekretaris Satgas Covid-19, Mikron Antariksa. (LD/AS/MY/RF/N-3)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Ditemukan Jejak Macan di Merapi

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 24 November 2020, 13:05 WIB
Pekerja proyek perbaikan jalan akses pengungsian Singlar-Ngancar Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman menemukan...
Istimewa

Pemuda Pancasila Imbau Jangan Pasang Baliho Provokatif

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 24 November 2020, 12:55 WIB
Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengimbau masyarakat jangan ikut-ikutan memasang...
Ilustrasi

RS Penuh, Sejumlah Daerah Siapkan Alternatif Lokasi Karantina

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 24 November 2020, 12:47 WIB
Untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19, Pemkab Banyumas tengah mencari hotel untuk merawat, dan di Purbalingga disiapkan eks Gedung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya