Rabu 26 Agustus 2020, 11:20 WIB

Masih Pandemi Covid-19, Bioskop di Jakarta akan Dibuka?

Reno Reksa | Megapolitan
Masih Pandemi Covid-19, Bioskop di Jakarta akan Dibuka?

Metro Tv/Reno Reksa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan juru bicara tim Satgas Covid-19, Profesor Wiku Adisasmito.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mengeluarkan izin agar semua bioskop bisa kembali beroperasi. Mengenai hal tersebut, juru bicara tim Satgas Covid-19, Profesor Wiku Adisasmito, angkat bicara.

Menurut kajian tim pakar, sebelum membuka akses kegiatan sosial dan ekonomi, pemerintah harus melewati proses yang panjang. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar kegiatan sosial tersebut tidak berpotensi menjadi klaster penularan virus korona. 

"Pemerintah harus melewati proses panjang. Mulai dari tahapan pra-kondisi, melihat prioritas, sampai timing yang tepat untuk menerapkan kebijakan pembukaan akses kegiatan sosial," ucap Wiku kepada awak media di Gedung BNPB, Jakarta Rabu (26/8) pagi.

Wiku menambahkan, tim pakar telah mengeluarkan beberapa kajian terkait pembukaan kembali bioskop di Jakarta. Salah satunya dengan memastikan setiap bioskop harus menerapkan protokol kesehatan seperti pengaturan jarak antar pengunjung hingga mewajibkan penggunaan masker.

"Selain itu, kami (tim pakar) juga merekomendasikan agar pengunjung yang boleh masuk bioskop adalah mereka yang berusia di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Ditambah, para pengunjung tidak boleh memiliki penyakit penyerta atau komorbid," imbuh Wiku.

Baca juga: Anies Ancam Bioskop yang tidak Jalankan Protokol Kesehatan

Di waktu yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan pihaknya akan membuka kembali operasional bioskop dalam waktu dekat. Untuk itu, pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur operasional bioskop di tengah pandemi virus korona ini.

"Kami akan segera membuat regulasi sesuai dengan hasil kajian tim pakar satgas covid-19. Mulai dari kualifikasi pengunjung yang diperbolehkan masuk bioskop sampai tatanan protokol kesehatan yang wajib dilakukan," kata Anies kepada media.

"Jika dalam pelaksanaannya ditemukan bioskop yang melanggar ketentuan yang sudah dibuat, maka Pemprov akan mengambil langkah simple, yaitu dengan menutup operasional bioskop tersebut", pungkas Anies (A-2)

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah

PSBB Diperpanjang, Transjakarta Tetap Jalan Sampai Pukul 19.00

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 21:44 WIB
Layanan Transjakarta  tidak akan mengalami perubahan kendati adanya pengumuman dari Gubernur DKI Anies Baswedan terkait PSBB di...
MI/Ramdani

Jakarta Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Ke Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 11:57 WIB
BMKG memprediksikan dalam periode tiga hari kedepan, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang...
MI/Denny Susanto

Jelang Jatuh Tempo, Raihan PBB-P2 DKI Capai 70,6%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 11:21 WIB
Dari target PBB-P2 tahun 2020 sejumlah Rp6,5 triliun, capaiannya sudah mencapai Rp4,59 triliun atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya