Minggu 16 Agustus 2020, 07:00 WIB

Menghindari Jurang Resesi

Caksono | Infografis
Menghindari Jurang Resesi

MI EBET
infografis jeda

PEMBERITAAN mengenai resesi semakin santer diberitakan sejak pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2020 terkontraksi 5,32%. Terlebih, di bulan-bulan sebelumnya, beberapa negara lain sudah lebih dulu jatuh dalam jurang resesi sebagai dampak dari pandemi covid-19. 
    Amerika Serikat, misalnya, pada triwulan II sudah mengalami kontraksi ekonomi 32,9% setelah pada triwulan I mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif 5%. Di Asia Tenggara, Singapura juga sudah mengonfirmasi telah mengalami resesi setelah pada triwulan I ekonomi Singapura terkontraksi -0,7% dan triwulan II minus 12,6%. 
    Sementara itu, terkait dengan potensi resesi di Indonesia, Menteri Ekonomi Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berpotensi terkontraksi pada triwulan III 2020. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun menyatakan hal serupa bahwa pertumbuhan ekonomi RI kembali minus pada kuartal III 2020.
    Demi mencegah itu semua, pemerintah telah melakukan beberapa langkah, yaitu belanja secara besar-besaran, membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Program Bantuan ke UMKM, penempatan dana di perbankan, dan penjaminan kredit modal kerja untuk korporasi.

Baca Juga

Butet. K/Widiyatno

Bung Sentil: Nama Bertuah

👤Butet. K 🕔Minggu 27 September 2020, 03:05 WIB
Cepeta!!! Dah bolak-balik kebelet mulu...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Kantong Kering

👤Media Indonesia 🕔Minggu 27 September 2020, 03:00 WIB
Kalo tanggal tua begini kok penyakitku aselalu kambuh ya...
MI CAKSONO

Kepala Daerah Berguguran karena Covid-19

👤Caksono 🕔Jumat 25 September 2020, 18:56 WIB
Berikut nama-nama Kepala Daerah yang meninggal dunia akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya