Selasa 25 Agustus 2020, 17:34 WIB

Buku Antologi Bumi Bercerita Berawal Tantangan di Instagram

mediaindonesia.com | Humaniora
Buku Antologi Bumi Bercerita Berawal Tantangan di Instagram

Ist
Antologi Bumi Bercerita berisi rangkaian 27 puisi dan sepuluh kutipan orisinal hasil karya 25 penulis Indonesia.

 

KOMUNITAS sastra MaknaKata bekerja sama dengan The Climate Reality Project Indonesia meluncurkan sebuah buku digital bertajuk “Antologi Bumi Bercerita”. Peluncuran buku digital tersebut dilaksanakan,Minggu (23/8), melalui laman pertemuan virtual Zoom dan Youtube.

Acara yang dibuka Dr Amanda Katili, manajer dari The Climate Reality Project Indonesia juga digelar penampilan khusus musikalisasi puisi berjudul "Namaku Bumi" oleh seorang legenda seniman Indonesia, Erros Djarot.

Menurut Amanda Katili, "Buku digital kumpulan puisi Antologi Bumi Bercerita ini adalah respons dari masyarakat pada tantangan menulis puisi dan kutipan orisinal yang diprakarsai oleh komunitas sastra MaknaKata dan Climate Reality Project Indonesia di Instagram". 

Acara dikemas dalam diskusi santai seputar proses pembuatan buku dan isu-isu lingkungan yang sedang terjadi saat ini terutama terhadap bumi serta perubahan iklim. 

Permainan alat musik tradisional Sape, penampilan akustik, dan musikalisasi puisi yang diambil dari buku digital tersebut juga turut memeriahkan acara. 

Antologi Bumi Bercerita berisi rangkaian 27 puisi dan sepuluh kutipan orisinal hasil karya 25 penulis Indonesia yang dihiasi dengan visualisasi foto keindahan alam baik alami maupun buatan.

Karya tersebut adalah buah pemikiran dan kekhawatiran serta harapan yang dirasakan masyarakat Indonesia terhadap kondisi bumi dan perubahan iklim yang terjadi selama ini. 

Amanda berharap karya tersebut dapat diterima masyarakat dan dijadikan renungan untuk melakukan aksi memulihkan bumi. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Indonesia Terus Upayakan Pemenuhan Hak Anak

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 24 November 2020, 14:20 WIB
Hal paling mendasar yang dilakukan Indonesia dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak sesuai Konvensi Hak Anak adalah dengan...
ANTARA/	IDHAD ZAKARIA

Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

👤Suryani Wandari 🕔Selasa 24 November 2020, 14:05 WIB
Kuota baru BST bagi 20 ribu KPM diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai...
Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya