Selasa 25 Agustus 2020, 16:00 WIB

Potret Pandemi di Novel Teranyar Ika Natassa

Bagus Pradana | Weekend
Potret Pandemi di Novel Teranyar Ika Natassa

Twitter @ikanatassa
Novel Sementara Selamanya

Di tengah situasi Pandemi covid-19, Novelis Ika Natassa merilis buku terbarunya bertajuk 'Sementara, Selamanya' pada Minggu (23/8). Meski peluncuran dilakukan secara daring, atensi dan sambutan publik terhadap karya terbarunya ini cukup besar. Terbukti dengan hadirnya ratusan penggemar karya Ika pada peluncuran daring tersebut.

Menurut keterangan Ika, novel  ini berawal dari proyek penulisan impulsif yang awalnya dari skenario mini series yang sempat dimainkan oleh Reza Rahadian dan Laura Basuki dengan judul yang sama. Ia juga menjamin para pembaca tidak akan kehilangan esensi saat membaca novel tersebut meski sebelumnya telah difilmkan.

"Pandemi ini menyebabkan ruang gerakku menjadi terbatas, karena hanya di rumah saja. Perubahan yang sangat besar dibanding hidupku biasanya, ada sepi, ada rindu, ada gelisah. Semua rasa ini kutuangkan menjadi cerita dalam 'Sementara, Selamanya'," ungkap Ika.

"Bercerita lewat skenario menghadirkan batasan-batasan yang tak kujumpai saat menulis novel, namun batasan-batasan itu justru jadi tantangan buatku sebagai penulis," lanjutnya.

Secara garis besar novel 'Sementara, Selamanya' ini bercerita tentang pasangan Saka dan Zara yang memutuskan tinggal terpisah saat pandemi covid 19 merebak di Jakarta. Lantaran profesi Zara yang merupakan seorang dokter yang kesehariannya menangani pasien covid, momen yang selalu dinanti oleh dia adalah sambungan video call dari sang istri.

Namun sebuah masalah mulai terjadi. Apa yang kedua tokoh ini janjikan sebagai perpisahan sementara pun hadir di bawah bayang-bayang perpisahan selamanya.

Novel ini merupakan buku kesebelas yang Ika terbitkan, setelah sebelumnya sukses dengan novel berjudul 'Susah Sinyal: Sebuah Novel' pada 2018 lalu yang juga sempat difilmkan. (M-4)

Baca Juga

The Man Standing Next (2020)

Rayakan Tiga Dekade Berakting, Biografi Aktor Ikonik ini Terbit

👤Fathurrozak 🕔Selasa 24 November 2020, 11:35 WIB
Buku ini dibagi menjadi lima bagian: anatomi, kolaborasi, analisis, wawancara, dan...
MI/Dede Susianti

Ayo Kenali Ragam Kain Tradisional Nusantara

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 08:10 WIB
Pengenalan dilakukan secara daring melalui akun Instagram Unit Pengelola Museum Seni Jakarta,...
MI/Susanto

Pertunjukan Musik Daring jadi Medium Promosi Destinasi Wisata

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 08:10 WIB
Pprogram Wonders ditujukan untuk menjelajahi dan mengabadikan keindahan Indonesia dengan segala keunikannya, melalui kekuatan pengalaman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya