Selasa 25 Agustus 2020, 15:11 WIB

PNS Bakal Dapat Tunjangan Pulsa Tambahan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
 PNS Bakal Dapat Tunjangan Pulsa Tambahan

Ilustrasi
Bantuan untuk PNS

 

KEMENTERIAN Keuangan berencana menambah besaran tunjangan pulsa kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar Rp50 ribu per bulan. Direncanakan nantinya tiap PNS akan mendapatkan tunjangan pulsa sebesar Rp200 ribu per bulan.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (25/8). "Tunjangan pulsa untuk mendukung kinerja dalam masa pandemi covid. Saat ini sudah berjalan Rp150 ribu untuk digunakan pegawai. Ini akan direvisi dan akan kami usulkan ke Bu Menkeu jadi Rp200 ribu," tuturnya.

Askolani bilang, bila usulan itu disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, maka besaran tunjangan pulsa Rp200 ribu akan mulai berjalan pada Agustus 2020.

Ia juga menambahkan, penambahan tunjangan pulsa itu tidak semata ditujukan kepada PNS di lingkup Kementerian Keuangan melainkan ke seluruh K/L.

Baca juga : LMAN Prediksi Lanjutkan Relaksasi Sampai Akhir 2021

"Kalau disetujui, akan ditetapkan pada Agustus. Kami sudah koordinasikan dengan Setjen. Nanti ini akan ke berlaku ke semua K/L, bukan hanya Kemenkeu. Tapi kemudian tentunya kembali ke masing-masing K/L, pegawai mana yang patut diberikan ini," jelas Askolani.

Ia mengatakan, dalam penambahan tunjangan pulsa itu, tiap K/L hanya perlu merelokasi pagu anggaran yang telah dimiliki pada tahun anggaran 2020 ini. Dengan kata lain, anggaran keuangan negara 2020 tidak berubah meski ada penambahan tunjangan pulsa.

Menanggapi itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, penambahan tunjangan pulsa atas pertimbangan cara kerja baru di masa pandemi covid-19.

"Banyak K/L dan ASN kegiatan WFH (Work From Home). Kami beri dukungan kalau mau direalokasi dalam bentuk tunjangan untuk pulsa, itu masih di belanja barang tujuannya. Itu kenapa kami sebut fleksibilitas anggaran," imbuhnya.

"Kalau menimbulkan biaya, baru bisa kita ubah dan mendukungnya agar tidak terjadi misalokasi, anggaran ada tapi tidak terpakai," pungkas Sri Mulyani. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Masyarakat Diajak Lindungi Sumber Daya Kelautan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 November 2020, 13:21 WIB
KKP melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menggelar training of trainers (ToT) pada Kelompok...
Antara

Restrukturisasi Kredit Sudah Mencapai Rp932,4 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 24 November 2020, 13:13 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa restrukturisasi kredit di perbankan per 26 Oktober 2020 sudah mencapai Rp932,4 triliun dengan...
Antara

Pemulihan Ekonomi Tergantung Penanganan Pandemi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 24 November 2020, 13:06 WIB
Pemulihan ekonomi di masa pandemi, lebih bergantung kepada cara pemerintah/stake holder mengatasi pandeminya. Tentu tanpa mengenyampingkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya