Selasa 18 Agustus 2020, 11:49 WIB

IPB University Peringkat Pertama Klasterisasi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
IPB University Peringkat Pertama Klasterisasi

MI/ADAM DWI
Rektor IPB University, Arif Satria

 

IPB University meraih peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik berdasarkan pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Ini adalah hasil kerja keras kita semua. Saya mengapresiasi seluruh civitas academica, tenaga kependidikan, dan alumni yang terus kompak dan bersungguh-sungguh dalam memajukan IPB University," kata Rektor IPB University, Arif Satria, di Jakarta, kemarin.

Dari penilaian Kemendikbud tersebut, Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat kedua, Universitas Gadjah Mada (UGM)peringkat tiga, Universitas Airlangga (Unair) peringkat empat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat lima. Pada tahun ini klasterisasi diikuti 2.136 perguruan tinggi di Indonesia.

Capaian tersebut, ujar Arif, juga merupakan hasil kerja keras para pimpinan IPB University sebelumnya yang telah memberi fondasi yang kuat untuk kemajuan kampus tersebut.

Tujuan klasterisasi untuk merumuskan pencirian kualitas perguruan tinggi yang telah terdokumentasi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi serta menelaah klasterisasi berdasarkan pencirian tertentu guna kepentingan pembinaan.

Hasil klasterisasi itu digunakan untuk membangun landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan

\ terus-menerus dalam rangka meningkatkan performa serta kesehatan organisasi.

Indikator klasterisasi perguruan tinggi 2020 dibagi menjadi empat yaitu input, proses, output, dan outcome.

Terpisah, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, menjelaskan klasterisasi tersebut bukanlah kompetisi, melainkan pengelompokan

perguruan tinggi berdasarkan perkembangannya.

Nizam menambahkan perguruan tinggi yang berada di klaster diharapkan dapat membina perguruan tinggi di bawahnya atau yang berada di klaster dua hingga lima.

Dibandingkan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan jumlah perguruan tinggi yang berada di klaster satu. Jumlah perguruan tinggi pada klaster satu pada 2019 sebanyak 13 PTN, sedangkan pada 2020 sebanyak 15 PTN.(Bay/H-1)

Baca Juga

123RF

Empat Terapi untuk Obati Kebotakan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 26 November 2020, 08:05 WIB
Selain kepala, kebotakan bisa terjadi di alis, janggut, dan bulu...
Rosa Panggabean

Internet Bantu Promosikan Pariwisata Kota Sabang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:00 WIB
Dengan teknologi jaringan internet yang cukup baik, wisatawan dapat merasakan pengalaman berwisata dan melihat panorama alam di Sabang...
MI/Bagus Suryo

5,9 Juta Pekerja Tercatat Terima Subsidi Upah Termin II

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 07:44 WIB
Pada tahap V termin kedua ini, Kemenaker menyalurkan bantuan subsidi upah sebesar Rp1,2 juta untuk periode November-Desember 2020 kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya