Selasa 18 Agustus 2020, 08:11 WIB

136 Narapidana Rutan Sumenep Menerima Remisi Kemerdekaan

Antara | Nusantara
136 Narapidana Rutan Sumenep Menerima Remisi Kemerdekaan

ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
remisi untuk narapidana

 

SEBANYAK 136 narapidana di Rumah Tahanan Negara  (Rutan) Klas IIB Sumenep, Jawa Timur, menerima pengurangan masa hukuman (remisi) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Menurut Humas Rutan Kelas IIB Sumenep Febrianto Harnamas, narapidana yang mendapatkan remisi kali ini merupakan narapidana yang telah menjalani sepertiga masa hukuman dan yang bersangkutan berkelakuan baik selama di penjara.
  
"Pemberian remisi ini mengacu kepada Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi," kata Febri, Senin (17/8).

Remisi yang diterima para napi beragam, mulai dari 15 hari hingga lima bulan. Tapi tidak ada di antara para penerima remisi ini yang langsung bebas. Penyerahan SK remisi kepada perwakilan narapidana penerima remisi digelar Senin siang seusai upacara.

Sementara itu, remisi adalah pengurangan hukuman yang diberikan kepada orang yang terhukum atau pengampunan hukuman yang diberikan kepada seorang yang dijatuhi pidana. Berdasarkan Keppres Nomor 174 Tahun 1999 terdapat remisi umum dan remisi khusus. Selain itu juga remisi tambahan. Remisi umum diberikan kepada narapidana pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

baca juga: Tidak Ada Remisi bagi Koruptor
  
Remisi khusus, merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana pada hari besar keagamaan yang dianut oleh yang bersangkutan dan dilaksanakan 1 kali dalam setahun bagi masing-masing agama. Sementara remisi tambahan adalah remisi yang ditambahkan dari kedua remisi di atas apabila narapidana atau anak pidana yang bersangkutan selama menjalani pidana berbuat jasa kepada Negara, melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi negara atau kemanusiaan, dan melakukan perbuatan yang membantu kegiatan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan. (OL-3)

Baca Juga

Dok DPW NasDem Kalteng

NasDem Kalteng Perkenalkan Paslon Sugianto-Edy

👤Surya Sriyanti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 07:07 WIB
Sembari melihat kebun warga, NasDem Kalteng juga menyampaikan bahwa paslon nomor urut 2 ini memiliki kekuatan pendukung 33 kursi dari 45...
MI/Hijrah Ibrahim

Langgar Netralitas, 98 ASN di Malut Diadukan ke KASN

👤Hijrah Ibrahim 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:36 WIB
Dari 98 ASN yang terbukti melanggar netralitas pilkada itu, terbanyak berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula disusul Halmahera Timur,...
MI/Arnoldus Dhae

Wamen LHK Beri Nama Buaya yang Lahir di Bali Safari Park

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 05:49 WIB
Buaya Sinyulong dikategorikan rentan atau vulnerable dalam daftar merah IUCN karena populasinya kurang dari 2.500 individu dan terus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya