Selasa 18 Agustus 2020, 02:35 WIB

Momen Pererat Persahabatan Dunia

Haufan Hasyim  Salengke | Internasional
Momen Pererat Persahabatan Dunia

AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

HARI ulang tahun ke-75 Republik Indonesia ikut diwarnai dengan ucapan selamat dari sejumlah kepala negara di dunia. 

Mereka berharap momen ini dapat mempererat persahabatandan menegaskan komitmen yang sama untuk memajukan perdamaian dan kemakmuran global. Presiden Amerika Serikat Donald Trump, misalnya, selain mengucapkan selamat, juga mengatakan kemitraan strategis antara AS dan Indonesia berakar pada nilai-nilai yang sama, hubungan antarwarga yang dalam serta hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis.

“Atas nama Amerika Serikat, dengan senang hati saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas peringatan 75 tahun kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus,” ujar Trump kepada Presiden Joko Widodo dalam sebuah keterangan yang dibagikan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta, kemarin.

Sebagai negara demokratis, kata Trump, AS memiliki komitmen yang sama untuk memajukan perdamaian dan kemakmuran global. Dengan berdasarkan nilai-nilai demokrasi bersama tersebut, ia yakin AS dan Indonesia dapat menghadirkan kawasan Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka.

Di lain pihak, Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian menyampaikan bahwa persahabatan Tiongkok-Indonesia berlangsung sejak lama. Kedua negara adalah tetangga, sahabat, dan mitra yang baik. Tahun ini juga menandai 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Tiongkok dan Indonesia.  

Dengan berdiri di titik awal sejarah baru, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan kemitraan strategis komprehensif.

“Semoga Indonesia makin maju dan makmur, semoga rakyat Indonesia hidup sehat dan bahagia. Semoga persahabatan Tiongkok dan Indonesia kekal abadi selamanya,” tegas Xiao Qian.

Tetangga Indonesia, Australia, juga mengucapkan selamat. Perdana Menteri Scott Morrison menyatakan hari perayaan ini merupakan tonggak sejarah perjuangan panjang rakyat Indonesia untuk kemerdekaan, yang dengan bangga Australia mendukung secara aktif.

Menurut Morrison, tahun ini juga menandai 70 tahun hubungan diplomatik formal antara Australia dan Indonesia. Hubungan kedua negara disebutnya dibangun di atas karya generasi ke generasi. Upaya tersebut antara lain menghasilkan Traktat Lombok 2006 dan deklarasi kemitraan strategis komprehensif kedua negara pada 2018.  “Ini adalah komitmen untuk memperdalam kerja sama bilateral dan memajukan nilai-nilai bersama di kawasan,” tegasnya.

Ucapan selamat juga disampaikan antara lain oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, hingga Pakistan. “Sangat  menggembirakan mengetahui perdagangan bilateral, kontak antarmasyarakat, dan interaksi antarpemerintah antara Pakistan dan Indonesia meningkat,” ungkap Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Pakistan Sajjad Haider Khan.


Upacara HUT RI

Perwakilan-perwakilan Indonesia di luar negeri kemarin ikut melaksanakan upacara peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Misal nya di KBRI Moskow yang dipimpin oleh Azis Nurwahyudi, Wakil Duta Besar RI yang juga sebagai Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow. “Pelaksanaan peringatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi. Tidak ada acara temu masyarakat dan panggung hiburan bersama,” ungkap Azis.

Di Pyongyang, Korea Utara, Dubes Berlian Napitupulu memimpin upacara yang dilanjutkan dengan sejumlah perlombaan. Selama kegiatan, seluruh peserta tetap mengikuti protokol kesehatan. (Van/Ant/X-11)
 

Baca Juga

Medcom

Serangan terhadap Sekolah di Kamerun, 8 Siswa Tewas

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:24 WIB
PBB mengatakan serangan itu merupakan salah satu yang terburuk di wilayah tersebut hingga saat...
Dok : Reuters/Medcom.id

Kasus Covid-19 Prancis Lampaui 1 Juta

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:10 WIB
Pada Kamis, Prancis melaporkan rekor harian kasus baru sebanyak 41.622 dan jumlah pasien dalam perawatan intensif berada pada level...
AFP/Medcom.id

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:03 WIB
Lonjakan kasus terjadi kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 3 November. Virus menghantam sejumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya