Senin 17 Agustus 2020, 17:15 WIB

Tim Pemadam Karhutla Melakuka Upacara HUT RI di Lokasi Kebakaran

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Tim Pemadam Karhutla Melakuka Upacara HUT RI di Lokasi Kebakaran

MI/Rudi Kurniawansyah
Tim karhutla melakukan upacara di lokasi kebakaran

 

Tim pemadam gabungan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yaitu manggala agni, TNI, dan masyarakat peduli api (MPA) melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-75 RI di lokasi kebakaran di Jalan Pariwisata Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (17/8).

Tim gabungan kembali melanjutkan upaya pemadaman yang terhenti pada Minggu (16/8) sore. Sedikitnya 1,5 hektare lahan gambut milik masyarakat terbakar di lokasi tersebut.

"Kami melakukan upacara bendera HUT RI di dekat lokasi kebakaran dan langsung melanjutkan upaya pemadaman di sana," kata Komandan Daops Manggala Agni Sumatra IV Pekanbaru Edwin Putra, Senin (17/8).

Edwin menjelaskan kebakaran pada lahan gambut milik masyarakat tersebut diduga akibat unsur kesengajaan. Vegetasi yang terbakar berupa semak belukar, serasah, dan akasia.

Baca juga: Upacara HUT ke-75 RI di Pematangsiantar, Sederhana tapi Khidmat

Jenis kebakaran pada lahan gambut tersebut, imbuhnya, merupakan kebakaran bawah tanah atau ground fire.

"Teknis pemadaman menggunakan 1 unit mesin pompa pemadam dengan 2 jalur pemadaman. Tim berusaha melakukan penyekatan api yang tersebar acak. Bahan bakar bersifat potensial," tukas Edwin.

Ia menambahkan pemadaman sudah berlangsung selama dua hari terhitung sejak Minggu (16/8) hingga Senin (17/8). Sejauh ini api berhasil disekat. Meski demikian tempat kejadian perkara (TKP) belum padam total. Apabila tidak berhasil diselesaikan hari ini, proses pemadaman akan dilanjukan pada esok hari.

"Akan dilanjutkan pemadaman lanjutan besok apabila tidak padam hari ini," ujar Edwin.

Sejauh ini, potensi Karhutla di Riau diprediksi akan semakin meningkat. Guna antisipasi, pemerintah provinsi Riau telah membentuk satgas siaga darurat karhutla yang bertugas untuk menanggulangi ancaman kebakaran lahan tersebut. (OL-14)

Baca Juga

MI/Cikwan Suwandi

Pasangan Cellica-Aep Tawarkan Program Tata Kelola Lingkungan

👤Cikwan Suwandi 🕔Selasa 24 November 2020, 13:15 WIB
Aep mengatakan, Karawang memiliki Pegunungan Sanggabuana yang merupakan generator alam terpenting untuk sejumlah kabupaten khususnya...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Ditemukan Jejak Macan di Merapi

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 24 November 2020, 13:05 WIB
Pekerja proyek perbaikan jalan akses pengungsian Singlar-Ngancar Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman menemukan...
Istimewa

Pemuda Pancasila Imbau Jangan Pasang Baliho Provokatif

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 24 November 2020, 12:55 WIB
Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengimbau masyarakat jangan ikut-ikutan memasang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya