Senin 17 Agustus 2020, 13:45 WIB

Jadi Klaster Covid, Ribuan Jamaah Gereja di Korsel Dikarantina

Faustinus Nua | Internasional
Jadi Klaster Covid, Ribuan Jamaah Gereja di Korsel Dikarantina

Antara
Ilustrasi, pasien Covid-19 di karantina.

 

OTORITAS Korea Selatan pada Senin (17/8) mengatakan ribuan anggota gereja Protestan di Seoul, telah diminta untuk dikarantina. Lantaran adanya lonjakan kasus baru covid-19 yang terkait dengan kelompok agama.

Dikutip dari CNA, klaster Covid-19 terbesar saat ini berpusat di Gereja Sarang Jeil di Seoul. Gereja itu dipimpin oleh seorang pendeta konservatif kontroversial yang merupakan tokoh utama dalam protes terhadap Presiden Moon Jae-in. Sementara wabah awal virus di selatan berpusat di Gereja Shincheonji Yesus, yang sering disebut sebagai aliran sesat dan juga dituduh menghalangi penyelidik.

Pejabat Korsel menyampaikan sebanyak 315 kasus terkait dengan gereja telah dikonfirmasi sejauh ini. Sehingga menjadikan klaster tersebut sebagai salah satu kelompok terbesar yang terinfeksi dan sekitar 3.400 anggota jemaat telah diminta untuk karantina.

"Sekitar satu dari enam anggota gereja yang dites sejauh ini positif. Membutuhkan tes dan isolasi cepat", kata wakil Menteri Kesehatan Kim Gang-lip.

Baca Juga: Kasus Virus Korona di Korsel Kembali Melonjak

"Tetapi daftar anggota yang diberikan oleh gereja itu tidak akurat, membuat prosedur pengujian dan isolasi sangat sulit".

Diketahui, pemimpin Sarang Jeil Jun Kwang-hun termasuk di antara pembicara yang berpidato di depan ribuan pengunjuk rasa sayap kanan pada akhir pekan. Mereka melakukan unjuk rasa melawan pemerintah Moon dan mengabaikan larangan berkumpul di tempat umum.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan dan otoritas kota Seoul telah mengajukan dua pengaduan polisi terpisah terhadap Jun. Dia dituduh sengaja menghalangi upaya untuk menahan pandemi.

Begitu pula dengan pemimpin Shincheonji Lee Man-hee yang ditangkap awal bulan ini karena diduga memberikan catatan pertemuan gereja yang tidak akurat dan daftar anggotanya yang salah kepada otoritas kesehatan.

Korea Selatan melaporkan 197 kasus baru pada Senin, sehingga totalnya menjadi 15.515. Semala 4 hari berturut-turut kasus baru terus meningkat tiga digit setelah beberapa minggu. (OL-13)

Baca Juga: Jumlah Tewas Akibat Covid-19 di Italia Terus Melonjak

Baca Juga

Arun SANKAR / AFP

Badai Nivar Hantam India

👤Siswantini Suryandari 🕔Kamis 26 November 2020, 07:48 WIB
Badai Nivar menghantam pantai selatan India, Kamis (26/11) pago menyebabkan pohon tumbang, rumah rusak, banjir dan ribuan orang...
AFP/Odd ANDERSEN

Jerman Perpanjang Pembatasan Covid-19 Hingga Awal Januari

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Penutupan restoran, bar, fasilitas olahraga, dan tempat budaya di negara ekonomi terbesar di Eropa itu akan terus berlanjut, meskipun...
AFP/Tiziana FABI

Jumlah Kasus Covid-19 di Dunia Capai 60 Juta

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 26 November 2020, 06:13 WIB
Total ada 60.014.291 infeksi, yang menyebabkan 1.415.258 kematian, telah tercatat di seluruh dunia sejak pandemi itu muncul di Tiongkok,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya