Sabtu 15 Agustus 2020, 21:55 WIB

Jokowi-Ma'ruf Hadiri HUT RI ke-75 di Istana, Yang Lain Virtual

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Jokowi-Ma

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Persiapan Upacara Peringatan HUT RI ke-75 di Istana Merdeka

 

PUNCAK acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta di tengah pandemi akan dilakukan secara terbatas. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan upacara HUT RI kali ini digelar terbatas tanpa kehadiran fisik undangan masyarakat besar-besaran.

Meski begitu, pihak Istana Kepresidenan tetap mengupayakan agar semangat ajang besar HUT ke-75 RI ini semangatnya tetap terasa khidmat dan tetap melibatkan masyarakat.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan upacara di Istana hanya akan dihadiri Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri. Adapun para menteri, pimpinan lembaga, serta undangan VVIP akan mengikuti upacara secara virtual.

Anggota Paskibraka yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera Merah Putih pun hanya berjumlah delapan orang (termasuk cadangan). Di tahun-tahun sebelumnya, Paskibraka ini jumlahnya mencapai puluhan orang.

"Kami memutuskan di Istana sangat minimalis, artinya pengibar bendera dari Paskribraka hanya tiga orang, ditambah mungkin cadangan. Pasukan yang tahun lalu cukup penuh di lapangan Istana, maka (tahun ini) setiap perwakilan matra itu hanya ada lima orang," ungkap Heru.

Meski tak dapat hadir langsung, masyarakat bisa mengikuti acara di Istana secara virtual. Istana menyiapkan bagi masyarakat sebanyak 17.845 undangan virtual untuk warga yang ingin mengikuti upacara melalui konferensi video.

Meski tanpa kehadiran fisik, Heru mengatakan panitia tetap menyediakan berbagai acara baik berupa hiburan maupun edukasi kepada masyarakat yang akan disiarkan melalui televisi sebelum upacara dimulai.

Keterlibatan aktif seluruh masyarakat dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan juga sangat diharapkan. Tepat pada pukul 10.17 WIB pada tanggal 17 Agustus, seluruh masyarakat diimbau menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan momen Detik-Detik Proklamasi.(OL-4)

Baca Juga

dok kejagung

Buron 5 Tahun, Pemalsu Merek Ditangkap Kejagung

👤Aries Wijaksena 🕔Rabu 30 September 2020, 21:50 WIB
Asmadi merupakan buronan terpidana kasus pemalsuan merek produk antena...
Antara

Duh! MA Korting Vonis Anas Jadi 8 Tahun

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 30 September 2020, 20:59 WIB
Mahkamah Agung atau mal, kok doyan kasih...
Antara

Survei: Minim, Publik Percaya Kebangkitan PKI

👤Putra Ananda 🕔Rabu 30 September 2020, 20:28 WIB
"Isu ini harus berakhir. Isu ini membuat rekonsiliasi tidak mungkin. Orang yang masih bicara seperti itu (PKI bangkit) menurut saya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya