Sabtu 15 Agustus 2020, 21:23 WIB

MotoGP Austria: Vinales Kembali Pulih dan Rebut Pole dari Miller

Deden Muhamad Rojani | Olahraga
MotoGP Austria: Vinales Kembali Pulih dan Rebut Pole dari Miller

JOE KLAMAR / AFP
Pembalap Yamaha Maverick Vinales

PEMBALAP Yamaha Maverick Vinales membalikkan nasibnya di Grand Prix Austria, Jumat (14/8) untuk merebut pole MotoGP dengan selisih 0,068 detik dari Jack Miller.

Dilansir dari Autosport, Vinales mengakui pada hari Jumat sempat terkendala dengan set-up YZR-M1-nya karena masalah grip yang sebelumnya juga membayanginya di GP Ceko.

Tapi pembalap asal Spanyol itu menunjukan performa baiknya pada balapan hari Sabtu, dia langsung memasuki Q2 di FP3 dan merebut posisi puncak pertamanya sejak Phillip Island tahun lalu.

Vinales mengatur kecepatan awal di Q2 dengan 1m23,892s, sempat berduel untuk posisi teratas dengan Fabio Quartararo dari Petronas SRT.

Quartararo memimpin dengan kecepatan 1m23.787s, dan Vinales membalasnya dengan 1m23.716s.

Namun, upaya ini dibatalkan karena pelanggaran batas trek, dan menjatuhkannya ke posisi ketiga dan Quartararo kembali ke pole sementara.

Vinales menepisnya dan memantapkan dirinya di bagian atas timesheets 1m23,694s dengan sisa waktu sembilan menit .

Pada tahap penutupan, Andrea Dovizioso dari Ducati yang akan meninggalkan tim pada akhir 2020 menjadikan dirinya sebagai ancaman untuk pole position.

Vinales mampu menambah sedikit keunggulan dengan 1m23.643s, sebelum Dovizioso mengunggulinya dengan 1m23.656s.

Satu upaya terakhir untuk Vinales memungkinkannya menghasilkan kecepatan 1m23.450s, yang terlepas dari upaya terbaik Pramac Miller untuk pole.

Quartararo membuntuti Miller dengan selisih 0,019 detik, dengan Dovizioso diturunkan ke posisi teratas di baris kedua di depan Pol Espargaro dari KTM, yang hanya memiliki satu motor untuk Q2 setelah kecelakaan cepat di sudut Rindt di Tikungan 9 di FP4.

Pembalap Ducati Danilo Petrucci kehilangan tempat di Q2 hanya dengan 0,024 detik dan menjadi marah di akhir sesi dengan Aprilia Aleix Espargaro, memberinya jari tengah di pitlane di akhir sesi dan meninju dinding garasi Ducati.

Espargaro yang mengalami kecelakaan di FP4 mundur di akhir sesi di tikungan Rindt dan akhirnya menghalangi Petrucci.

Pembalap Aprilia itu pada akhirnya berada di urutan ke-14, dengan Cal Crutchlow di urutan ke-15 di LCR Honda di depan rookie Tech3 Iker Lecuona, yang mengalahkan pemenang balapan Brno Brad Binder di kualifikasi. (Autosport/OL-4)

Baca Juga

AFP/PEDRO PARDO

Nadal Menang dengan Mudah di Putaran Kedua Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 September 2020, 23:30 WIB
Kemenangan Nadal ini menjadi kemenangan ke-95 sepanjang karirnya di Roland Garros, melanjutkan upaya untuk gelar Grand Slam ke-20 menyamai...
AFP

Bagnaia Naik Kelas ke Tim Pabrikan Ducati

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 September 2020, 20:29 WIB
Bagnaia, 23, merupakan salah satu bintang muda MotoGP saat ini. Pembalap Italia itu tampil di kelas premium sejak 2019 setelah di tahun...
Antara/Sigid Kurniawan

Webinar SIWO PWI Jaya Munculkan Tujuh Bakal Calon Ketum PP PBSI

👤Anton Kustedja 🕔Rabu 30 September 2020, 20:08 WIB
Juara dunia 1993 Joko Suprianto berharap adanya sosok muda yang akan menempati kursi satu PP PBSI. Dengan demikian, sosok tersebut bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya