Sabtu 15 Agustus 2020, 20:46 WIB

1,29 Juta Pekerja di Jatim Didaftarkan Dapat Bantuan Rp600 Ribu

Heri Susetyo | Nusantara
1,29 Juta Pekerja di Jatim Didaftarkan Dapat Bantuan Rp600 Ribu

DOK MI
BPJS Ketenagakerjaan

 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Jawa Timur sudah mendaftarkan 1,29 juta pekerja untuk menerima bantuan senilai Rp600 ribu per bulan. Sementara pekerja di Jatim yang ditargetkan mendapatkan bantuan tersebut, jumlahnya mencapai sekitar 1,5 juta pekerja.

Data 1,29 juta pekerja tersebut sudah dikantongi pemerintah pusat dan siap untuk segera ditindaklanjuti. Artinya para pekerja tersebut akan segera mendapatkan bantuan senilai Rp600 ribu per bulan hingga selama empat bulan.

Pekerja yang mendapatkan bantuan pemerintah ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Mereka yang menerima bantuan adalah pekerja formal yang upahnya di bawah Rp5 juta per bulan.

Selain itu ada persyaratan lain bahwa pekerja harus terdaftar aktif di BP Jamsostek. Bantuan ini tidak berlaku untuk pegawai BUMN, lembaga negara dan instansi pemerintah.

Menurut Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto, hingga 30 Juni lalu pekerja di Jatim yang terdaftar di BP Jamsostek mencapai 2,92 juta orang. Terdiri dari 1,89 juta peserta penerima upah, 244.827 peserta bukan penerima upah dan 694.950 peserta jasa dan konstruksi. Dari jumlah tersebut hingga 14 Agustus kemarin, baru 1,29 juta pekerja atau 85% yang mendaftarkan nomor rekeningnya untuk menerima bantuan.

''Kita terus bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan di daerah-daerah di Jatim dan serikat pekerja untuk mengumpulkan rekening para pekerja yang layak mendapatkan subsidi gaji tersebut,'' kata Dodo, Jumat sore lalu di kantor BP Jamsotek Jatim, Jalan Raya Juanda Kabupaten Sidoarjo.

Apabila target 1,5 juta pekerja di Jatim mendapatkan bantuan Rp600 ribu per bulan, maka akan ada uang Rp3,6 triliun yang masuk ke Jatim. Nilai tersebut akan bisa menghidupkan perekonomian di Jatim. (HS/OL-10)

Baca Juga

Antara

Peserta Seleksi CPNS yang Reaktif Covid Ikuti Tes Terpisah

👤Muhammad Yakub 🕔Rabu 23 September 2020, 10:30 WIB
PANSELDA seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Tuban, Jatim, akhirnya memutuskan mengelar tes di ruangan terpisah bagi...
MI/Dwi Apriani

Pertamina Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Palembang

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 23 September 2020, 09:55 WIB
Dalam operasi pasar itu, Pertamina mendistribusikan 1.120 tabung elpiji 3...
Mi/Martinus Solo

Biaya Rapid Test di RSUD Raja Ampat Rp150 RIbu

👤Martinus Solo 🕔Rabu 23 September 2020, 09:21 WIB
"Siapa pun yang datang ke rumah sakit akan saya tolong dan itu tugas saya dan saya tidak mencari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya