Sabtu 15 Agustus 2020, 16:50 WIB

Telisik Izin Penebangan Kayu Pinus di Hutan Reboisasi Garoga

Januari Hutabarat | Nusantara
Telisik Izin Penebangan Kayu Pinus di Hutan Reboisasi Garoga

MI/Januari Hutabarat
Truk pengangkut kayu tidak menyesuaikan muatan dengan kelas jalan desa yang dilaluinya sehingga jalan rusak parah.

 

IZIN penenbangan kayu Pinus di Hutan Reboisasi Desa Simpangbolon Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara-Sumatera Utara, harus ditelisik, pasalnya penebangan kayu pinus di hutan reboisasi akan berdampak kepada kegundulan hutan sedikitnya 100 hektar dan rusaknya kebun kemeyan warga sekitarnya yang disebut dengan jalur hijau.

Selain itu, truk pengangkut kayu tidak menyesuaikan muatan dengan kelas jalan desa yang dilaluinya, sehingga akan terjadi kebocoran keuagan negara, akibat kerusakan jalan yang dilalui truk tersebut.

Sabar Sormin, 50, warga Desa Simpanbolon, Sabtu (15/8) mengaku cemas dengan kondisi jalan menuju desa tersebut. Ia berharap agar pemerintah memperhatikan muatan truk pengangkut kayu agar tidak berdampak kepada kerusakan badan jalan.

"Harusnya dalam surat ijin penebangan kayu yang dikeluarkan dinas kehutanan provinsi Sumatera Utara, dilengkapi dengan batas muatan sesuai dengan kelas jalan desa.

Dalan Simanjuntak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Utara, sebelumnya mengaku akan tetap memperhatikan kondisi badan jalan  yang dilalui truk pengangkut kayu Pinus tersebut.

"Kita akan tetap memantau kondisi badan jalan kususnya didesa Simpangbolon, tanpa memberitahukan tindakan seperti apa yang akan dilakukannya dilapangan. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Masuk Gerbang Tol Manado-Bitung Gunakan Uang Elektronik

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 07:12 WIB
Meski selama dua pekan ini masuk  ruas Tol Manado-Bitung digratiskan, namun kendaraan yang masuk gerbang harus menggunakan uang...
MI/Djoko Sardjono

Sambut HUT TNI, Kodim Klaten Bagi Sembako ke Warga Lereng Merapi

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 30 September 2020, 06:15 WIB
Pemberian bantuan sembako, lanjut Dandim, merupakan bentuk kedekatan jajaran TNI Kodim 0723 Klaten dengan warga terpencil di Dukuh...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Harga Minyak Nabati Global Turun Picu Turunnya Harga Sawit Riau

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 06:06 WIB
Harga minyak nabati global turun. Hal itu membuat harga sawit Riau ikut merosot. Pemicu lainnya situasi politik di Malaysia ikut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya