Sabtu 15 Agustus 2020, 11:42 WIB

Pengamat Sebut Pidato Presiden Memberi Semangat pada Masyarakat

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Pengamat Sebut Pidato Presiden Memberi Semangat pada Masyarakat

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memberikan pidato

 

DIREKTUR Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai pidato kenegaraan presiden Jokowi kali ini mengalami banyak kemajuan. Isi pidato dinilai sangat komprehensif dan nampak lebih piawai.

"Juga terlihat lebih mahir berselancar dengan kekuatan pikiran-pikiran beliau terkait kondisi bangsa dan aksi apa yang harus dilakukan ke depannya," ujar Pangi kepada Media Indonesia, Sabtu (15/8).

Pangi mengatakan, secara keseluruhan isi pidato tersebut sangat menginspirasi dan memberikan semangat kepada semua unsur masyarakat.

"Beliau sebagai nahkoda bangsa, kekuatan kata-kata menjadi energi positif, banyak pesan optimisme menghadapi masa krisis ini," ujarnya.

Baca juga: PAN Apresiasi Pidato Jokowi

Dijelaskan Pangi, dari sisi ekonomi, Jokowi ingan menyampaikan optimisme bangsa Indonesia menghadapi pandemi korona. Pesan kemandirian bangsa dalam bidang ekonomi dan energi berhasil disampaikan.

"Saya melihat sisi pesan bahwa presiden Jokowi tidak membiarkan rakyat susah sendiri, negara memastikan hadir untuk membantu rakyat dengan mengucurkan bantuan berupa subsidi langsung untuk rakyat melalui program UMKM, BLT, pekerja terkena dampak PHK dan subsidi dalam bentuk lainnya," tuturnya.

Selain itu, ada pesan pemberantasan korupsi. Hal itu menurut Pangi menarik.

"Karena setahu saya isu penegakan hukum dulu pernah tercecer dalam pidato kenegaraan HUT RI sebelumnya, boleh dikoreksi kalau nggak salah, tidak tersampaikan soal pandangan presiden soal penegakan hukum dan HAM, sehingga banyak yang mengatakan pidato tersebut tidak komprehensif," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

dok kejagung

Buron 5 Tahun, Pemalsu Merek Ditangkap Kejagung

👤Aries Wijaksena 🕔Rabu 30 September 2020, 21:50 WIB
Asmadi merupakan buronan terpidana kasus pemalsuan merek produk antena...
Antara

Duh! MA Korting Vonis Anas Jadi 8 Tahun

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 30 September 2020, 20:59 WIB
Mahkamah Agung atau mal, kok doyan kasih...
Antara

Survei: Minim, Publik Percaya Kebangkitan PKI

👤Putra Ananda 🕔Rabu 30 September 2020, 20:28 WIB
"Isu ini harus berakhir. Isu ini membuat rekonsiliasi tidak mungkin. Orang yang masih bicara seperti itu (PKI bangkit) menurut saya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya