Sabtu 15 Agustus 2020, 03:59 WIB

APBN 2021 untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

Dhk/Cah/X-11 | Politik dan Hukum
APBN 2021 untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

Grafis Medcom.id
Ilustrasi

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut rancangan kebijakan APBN 2021 akan diarahkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Rancangan APBN itu juga akan mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, dan daya saing ekonomi.

Arah lainnya ialah mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital serta pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi .

“Saat ini kita juga harus fokus mempersiapkan diri menghadapi tahun 2021. Ketidakpastian global maupun domestik masih akan terjadi. Program pemulihan ekonomi akan terus dilanjutkan bersamaan dengan reformasi di berbagai bidang,” kata Presiden dalam Penyampaian RUU APBN 2021 dan Nota Keuangan di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Tema kebijakan fiskal 2021 ialah Percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi. Jokowi menyatakan RAPBN harus mengantisipasi ketidakpastian pemulihan ekonomi dunia, volatilitas harga komoditas, perkembangan tatanan sosial ekonomi dan geopolitik, juga kondisi dan stabilitas sektor keuangan.

“Kebijakan relaksasi defisit melebihi 3% dari PDB masih diperlukan dengan tetap menjaga kehati-hatian, kredibilitas, dan kesinambungan fiskal,” ujarnya.

Pelaksanaan reformasi fundamental juga harus dilakukan di berbagai sektor, yaitu pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, serta sistem penganggaran dan perpajakan.

Terpisah, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengapresiasi isi pidato Presiden. “Untuk nota keuangan, Presiden superoptimistis dan akan melakukan langkah-langkah yang tidak biasa,” ujarnya.

Anggota Komisi VII DPR asal Fraksi NasDem, Nurhadi, menyoroti program bantuan sosial yang akan dikucurkan sesuai nota keuangan. Baginya, sudah tepat pemerintah menggerakkan ekonomi lewat sektor fundamental. “Pandemi belum selesai sehingga stimulus perlindungan sosial melalui bansos, PKH, dan sembako masih relevan dan dibutuhkan,” kata Nurhadi. (Dhk/Cah/X-11)

Baca Juga

MI/ Adam Dwi

Komjak Soroti Kewenangan Penyelidikan dan Penyidikan RUU Kejaksaan

👤Ant 🕔Jumat 25 September 2020, 23:09 WIB
“Jadi sebenarnya tidak meniadakan fungsi penyidik, tetap penyidikan pidana umum ada di kepolisian. Ini berkaitan dengan...
Antara

Lelang Aset Koruptor, KPK Raup Rp1 Miliar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 25 September 2020, 22:05 WIB
Barang lelang yang telah laku tersebut antara lain, mesin longway printing, roller die cut, wax machine, dan mesin press senilai...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Ketaatan Prokes Harus Berlanjut Hingga Kampanye Usai

👤 Cahya Mulyana 🕔Jumat 25 September 2020, 21:56 WIB
Sinergisitas para pihak yang terlibat di pilkada harus selalu kuat dan solid. Terlebih durasi kampanye cukup panjang, yaitu selama 71...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya