Sabtu 15 Agustus 2020, 02:16 WIB

Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

Heri Susetyo | Nusantara
Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

DOK MI
Ilustrasi

 

SEBANYAK 17 perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (14/8) melakukan deklarasi damai menjelang pilkada serentak. Deklarasi damai tersebut dihadiri pelaksana tugas Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Saifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji, dan Komandan Kodim 0816 Letkol M Iswan Nusi.

Sedangkan dari perguruan silat hadir antara lain Persaudaraan Setia Hati Terate, Pagar Nusa, Tapak Suci, IKS, Pencak Organisasi, Perisai Diri, Cakra Sakti, Perisai Sakti, Persaudaraan Rasa Tunggal, Ki Ageng Pandan Alas, dan perguruan lainnya.

Kapolresta Sidoarjo Sumardji mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk silaturahim dan komitmen bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Apalagi dalam waktu dekat, Sidoarjo akan menggelar pilkada.

Selain perhelatan nasional tersebut, di Sidoarjo juga ada kegiatan pengesahan murid baru perguruan silat. Kegiatan pengesahan diharapkan berjalan lancar tanpa ada peristiwa yang merugikan masyarakat. Seperti yang terjadi di Kabupaten Situbondo beberapa waktu lalu. "Momentum apapun napasnya satu. Kita buat Sidoarjo aman dan kondusif," kata Kapolresta.

Sumardji juga meminta para ketua atau guru perguruan silat mengajak murid-muridnya untuk ikut menjaga kamtibmas. Para guru diminta memberi pengertian dan pemahaman para siswa untuk mentaati pranata sosial di Sidoarjo.

Pada kesempatan tersebut Sumardji juga mengajak perguruan silat untuk turut membantu penanganan covid-19. Sebab obat atau vaksin untuk virus korona hingga saat ini belum ada. Caranya dengan mentaati protokol kesehatan mengenakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak.

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Sidoarjo Bahrul Amiq menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung program-program pemerintah. Seperti program penanganan covid-19 hingga upaya menjaga stabilitas keamanan. "Kami akan selalu mendukung program pemerintah Sidoarjo demi menjaga suasana untuk tetap kondusif," kata Amiq. (R-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Sejumlah Pegawai Bank di Sorong, Positif Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Minggu 27 September 2020, 22:55 WIB
Sejumlah pegawai perbankan di Sorong positifCovid19 berdasarkan  hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan dari...
Ilustrasi

Ini Enam Daerah di Sumut dengan Penyebaran Covid-19 Tinggi

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 27 September 2020, 22:49 WIB
Sebaran penularan tinggi virus covid-19 sudah menjangkau enam daerah di Sumatra Utara, meskipun pemerintah daerah sudah melakukan berbagai...
dok.mi

Ende Kembali menjadi Zona Hijau Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 September 2020, 21:15 WIB
SEBANYAK 13 pasien korona (covid-19) yang menjalani perawatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sembuh, Minggu (27/9), dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya