Jumat 14 Agustus 2020, 22:56 WIB

Cegah Klaster Baru, DKI Tunda Buka Sekolah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Cegah Klaster Baru, DKI Tunda Buka Sekolah

Antara
Ilustrasi

 

JUMLAH rata-rata kasus baru covid-19 di DKI Jakarta kini mencapai 400 kasus tiap harinya. Pemprov DKI Jakarta pun kembali harus memperpanjang PSBB Transisi Fase 1 untuk yang keempat kalinya.

Tidak ada sektor tambahan yang dibuka dalam tahap ini. Begitu pula dengan sekolah tatap muka. Pemprov DKI belum akan membuka sekolah secara tatap muka seperti yang sudah dilakukan di daerah tetangga yakni Kota Bekasi serta di provinsi lainnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza menegaskan hal tersebut.

"Untuk sekolah, DKI terus pertimbangkan yang terbaik. Karena memang kita tak ingin sekolah jadi klaster baru sebagaimana di negara-negara lain yang dirasa aman," ungkap Ariza di Balai Kota, Jumat (14/8).

Di negara lain seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, kasus baru covid-19 bermunculan justru saat sekolah tatap muka kembali digelar. Untuk itu, Ariza berharap para orangtua murid bersabar sembari mendampingi anak-anak belajar dari rumah.

"Ketika dibuka sekolah kemudian ada klaster baru. Mudah-mudahan ini jadi pertimbangan kita untuk belum membuka sekolah," tegasnya.

Sebelumnya, desakan untuk membuka sekolah secara bertahap datang dari dua anggota DPRD DKI yakni politikus PDIP Johnny Simanjuntak dan anggota Fraksi PPP Hasbiallah Ilyas.

Johnny sebelumnya merekomendasikan agar sekolah secara bertahap dibuka dimulai dari jenjang yang paling tinggi yakni SMA/SMK. Kemudian sekolah tatap muka bisa dilakukan seluruh jenjang tahun depan.

Sementara itu, politikus PPP Hasbiallah Ilyas menyebut pembukaan sekolah bisa menjadi solusi bagi para orangtua yang tidak mampu membelikan kuota internet untuk sekolah daring bagi anak-anaknya. Pembukaan sekolah disarankan hanya di zona hijau. (OL-8).

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Cuaca Jakarta Diprediksi Cerah Hari Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 06:18 WIB
BMKG tidak mengeluarkan adanya peringatan dini mengenai cuaca yang harus...
Dok. Korlantas Polri

Korlantas Polri Kampanyekan Gerakan Pakai Masker di Terminal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 30 September 2020, 04:18 WIB
kampanye tersebut ialah dengan menempelkan stiker bertuliskan ‘Ayo Pakai Masker’ pada angkutan umum yang melintas di Pasar...
Dok. Korlantas Polri

HUT ke-65, Korlantas Polri Bagikan Sembako Tukang Ojek Pangkalan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 30 September 2020, 04:11 WIB
Bantuan sosial sejumlah 1000 paket sembako dibagikan secara simbolis ke pengendara ojek pangkalan dan warga sekitar di halaman Stasiun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya