Jumat 14 Agustus 2020, 16:58 WIB

Lewis Hamilton: Perubahan Mode Mesin F1 Rugikan Mercedes

Deden Muhamad Rojani | Olahraga
Lewis Hamilton: Perubahan Mode Mesin F1 Rugikan Mercedes

Bryn Lennon / POOL / AFP
Lewis Hamilton

LEWIS Hamilton mengatakan langkah yang direncanakan Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk perubahan mode mesin di F1 adalah upaya “untuk memperlambat kita" dan akan merugikan Mercedes.

"Ini jelas untuk memperlambat kami tetapi saya tidak berpikir itu akan mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Tapi tidak apa-apa jika mereka melakukannya,” kata Hamilton dilansir dari Skysport.

Perubahan itu mengharuskan tim menggunakan mode mesin yang sama baik di kualifikasi maupun di balapan. Mode kualifikasi itu memaksimalkan performa mesin dalam rentang waktu yang singkat untuk agar mobil lebih cepat sekaligus menjaga reliabilitas dan umur mesin.

Tim saat ini dapat menjalankan unit daya mereka dalam pengaturan yang berbeda di akhir pekan Grand Prix, terutama penggunaan pengaturan yang lebih agresif di tahap akhir kualifikasi.

Tetapi rencana dari FIA telah muncul untuk mendikte bahwa mesin hanya dapat digunakan dalam mode tunggal di kualifikasi dan balapan setelah GP Spanyol akhir pekan ini.

Sementara Ferrari seringkali lebih cepat dalam kualifikasi tahun lalu, Mercedes telah mendominasi kualifikasi F1 di era mesin hybrid, mengklaim 99 dari 126 posisi terdepan sejak awal 2014, termasuk kelima sejauh musim ini setelah keuntungan musim dingin dengan mobil dan mesin mereka dengan saingan yang sering berkomentar selama waktu itu bahwa mereka tidak dapat hidup dengan langkah yang dibuat juara dunia di Q3 ketika posisi terdepan ditentukan.

Tetapi jika petunjuk teknis dikeluarkan menjelang balapan berikutnya di Belgia dalam waktu dua minggu, yang dapat membatasi ruang lingkup untuk penggunaan mode yang lebih bertenaga penggunaan singkat, pembalap Mercedes tidak khawatir.

"Maksud saya itu bukan kejutan, mereka selalu berusaha memperlambat kami. Tapi itu tidak benar-benar mengubah jumlah yang besar bagi kami, jadi itu bukan masalah,” ujar Hamilton.

Hamilton juga mengungkapkan bahwa keputusan itu tidak akan menghalangi Mercedes lebih dari pabrikan mesin lainnya.

"Pada akhirnya orang-orang di tim kami telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan mesin. Seperti yang saya katakan, itu jelas memperlambat kami tetapi saya tidak berpikir itu akan mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Tapi tidak apa-apa jika mereka melakukannya,” tambahnya.

Rekan setimnya, Valtteri Bottas, mengatakan tidak panik tentang hal tersebut, meskipun presiksi secara umum, hal itu dapat mengurangi variabel dalam balapan di lapangan karena pengemudi mengatur mobil dan mesin mereka dalam pertahanan dan serangan.

"Bagi saya, tidak mungkin untuk mengatakan berapa banyak yang diperoleh pabrikan mesin lain ketika mereka menggunakan kacang panjang," kata Bottas.

"Tentu saja, Anda tidak dapat selalu menggunakan tenaga penuh karena akan membahayakan mesin. Jadi saya tidak tahu secara detail tentang yang lain, jadi saya tidak tahu apakah kami kalah dibandingkan dengan yang lain atau sama, tapi jelas kita ambil kalau itu regulasinya,” tambahnya.

Bottas menyatakan bahwa tim Mercedes telah bekerja keras untuk selalu dalam kondisi terbaik di kualifikasi maupun balapan.

"Secara strategis, hal itu akan membatasi beberapa hal dalam balapan karena bagi kami sebagai pembalap, kami mengelola sendiri unit tenaga dalam situasi yang berbeda. Terkadang saat kami bertahan atau menyerang atau mengelola kami menggunakan mode mesin yang berbeda, dan itu akan terjadi. tempatkan saja semua orang di jalur yang sama. Jadi, tidak ada yang bisa menyalip dengan itu,” pungkasnya. (Skysport/OL-4)

Baca Juga

AFP

Kebangkitan Adebayo Antar Heat ke Final

👤MI 🕔Selasa 29 September 2020, 02:45 WIB
MIAMI Heat resmi menjadi lawan Los Angeles Lakers di babak final NBA setelah merebut gim keenam dari Boston Celtics di partai...
AFP

Ramai-Ramai Keluhkan Bola di Prancis Terbuka

👤MI 🕔Selasa 29 September 2020, 01:35 WIB
PETENIS Spanyol Rafael Nadal menilai ada sejumlah hal yang diperkirakan bisa menyulitkannya untuk kembali menjuarai Prancis...
Anne-Christine POUJOULAT / AFP

Svitolina Melenggang ke Babak Kedua Perancis Terbuka

👤Antara 🕔Selasa 29 September 2020, 01:34 WIB
Elina Svitolina sukses mengatasi perlawanan yang disajikan Varvara Gracheva pada babak pembuka dan lolos ke babak kedua French Open 2020...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya