Jumat 14 Agustus 2020, 16:26 WIB

Bangun Pabrik, Semen Baturaja Terima Kucuran Kredit Sindikasi

Dwi Apriani | Ekonomi
Bangun Pabrik, Semen Baturaja Terima Kucuran Kredit Sindikasi

MI/Dwi Apriani
Penandatangan kredit sindikasi dengan lima perbankan

 

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) mendapat kredit sindikasi senilai total Rp1,7 triliun dari lima perbankan baik BUMN maupun bank pembangunan daerah.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Jobi Triananda Hasjim, mengatakan dana yang diperoleh dari kredit sindikasi tersebut nantinyauntuk pembiayaan kembali (repackaging) fasilitas kredit yang digunakan perseroan.

‘’Ini merupakan repackaging kredit dalam pembiayaan pembangunan proyek pabrik Semen Baturaja II yang sudah beroperasi sejak 2017 lalu,’’ katanya, Jumat (14/8).

Adapun perbankan yang menjadi mandated lead arranger and bookrunner (MLAB) pada pemberian fasilitas kredit sindikasi ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Bank tersebut juga bertindak sebagai agen fasilitas, agen jaminan dan agen penampungan.

Baca juga : DPR Berharap Jokowi Beri Solusi Hadapi Ancaman Resesi

‘’Selain itu, perbankan lainnya yang juga terlibat dalam pemberian fasilitas kredit sindikasi ini adalah BPD,’’ kata Jobi.

Selain Bank Sumsel Babel, BPD lain yang ikut bergabung memberikan kredit kepada produsen semen tersebut, yakni Bank Jawa Barat dan Banten (BJB), Bank Maluku dan Maluku Utara, serta Bank Bengkulu.

Diakui Jobi, pihaknya melakukan pembayaran secara triwulan yang bakal dimulai pada November 2020. Adapun jangka waktu untuk pembayaran kembali kredit sindikasi tersebut adalah selama 11 tahun sejak penandatanganan perjanjian kredit.

Diketahui, pabrik Semen Baturaja II telah berkontribusi terhadap produksi perseroan, dengan kapasitas produksi mencapai 1,85 juta ton per tahun.

Sementara total kapasitas produksi semen pabrik SMBR secara keseluruhan mencapai 3,85 juta ton per tahun.

‘’Produk yang kami hasilkan mulai dari ordinary portland cement (OPC) tipe I, II dan V, p portland composite cement (PCC) dan mortar,’’ ujarnya.

Jobi menambahkan di tengah pandemi Covid-19, SMBR tetap fokus untuk meningkatkan penjualan produk semennya di wilayah Sumatra Bagian Selatan, yang merupakan pasar basis perseroan.

‘’Selain itu kami gencar melakukan ekspansi ke wilayah pasar lainnya seperti di Pontianak, Kalimantan dan Riau,’’ katanya. (OL-2)

 

 

Baca Juga

Antara/Prasetya Utomo

OJK Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2020 Membaik

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 27 September 2020, 21:49 WIB
Meskipun sulit untuk mencapai angka positif, setidaknya menurut Wimboh, pertumbuhan ekonomi akan lebih baik dibandingkan kuartal...
ISTIMEWA

Dubes Singapura Bantu Petani Lembang Jajaki Peluang Ekspor Sayuran

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 21:16 WIB
Namun menurut Tomi, petani harus membuat kemasan yang menarik agar sayur mayur yang masuk singapura terlihat menarik atau eye...
Antara

Tender Proyek Kilang TPPI Tuban Potensi Rugikan Negara

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 20:55 WIB
DIREKTUR Eksekutif CERI, Yusri Usman mengungkapkan adanya dugaan pelanggaran prinsip good corporate governance (GCG) panitia tender...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya