Jumat 14 Agustus 2020, 15:55 WIB

Google Ciptakan Teknologi Pendeteksi Gempa di Ponsel Android

Galih Agus Saputra | Weekend
Google Ciptakan Teknologi Pendeteksi Gempa di Ponsel Android

Dok. Google
Google meluncurkan teknologi ponsel android yang mampu mendeteksi gempa.

GOOGLE mengumumkan akan meluncurkan fungsi baru yang diciptakan di ponsel android, minggu ini. Fungsi itu merupakan pendeteksi gempa yang bekerja menghubungkan jutaan ponsel pintar bersama untuk membentuk Sistem Peringatan Gempa Bumi Android.

“Mulai hari ini, ponsel Android Anda dapat menjadi bagian dari Sistem Peringatan Gempa Android, di mana pun Anda tinggal,” tulis Marc Stogaitis, insinyur perangkat lunak utama di Android, dalam unggahan di blog Google, dilansir Independent.co.uk. 

“Artinya ponsel Android Anda dapat menjadi seismometer mini, bergabung dengan jutaan ponsel Android lain di luar sana untuk membentuk jaringan pendeteksi gempa terbesar di dunia.”

Teknologi itu bekerja dengan memanfaatkan akselerometer - perangkat kecil yang ditemukan di semua ponsel cerdas yang merasakan gerakan dan kecepatan untuk melacak orientasi perangkat. Jaringan akan mengkalibrasi akselerometer ponsel untuk mendeteksi sinyal awal yang mengindikasikan kemungkinan terjadinya gempa bumi.

Jika mendeteksi gempa maka ponsel akan mengirimkan sinyal ke server Google, bersama dengan lokasi perangkat saat guncangan terjadi. Dengan menggabungkan beberapa sinyal, jaringan dapat menganalisis tingkat keparahan gempa bumi dan mengirim peringatan ke ponsel di area yang mungkin terpengaruh, memberi orang beberapa detik peringatan untuk menyelamatkan diri jika diperlukan.

“Kami pada dasarnya berpacu dengan kecepatan cahaya (yang kira-kira adalah kecepatan sinyal dari ponsel yang bergerak) melawan kecepatan gempa bumi. Dan beruntung bagi kami, kecepatan cahaya jauh lebih cepat!” Jelas Stogaitis.

Pada konferensi pengembang tahunannya tahun lalu, Google mengumumkan terdapat 2,5 miliar perangkat Android aktif, setelah melampaui 2 miliar perangkat pada tahun 2017. Basis pengguna yang begitu besar memungkinkan Google untuk meniadakan proses yang mahal dan memakan waktu dalam memasang jaringan seismometer tanah. (M-1)

Baca Juga

Unsplash/ Allef Vinicus

Studi: Senyum yang Terpaksa Pun Berdampak Positif di Otak

👤Galih Agus Saputra 🕔Sabtu 26 September 2020, 19:10 WIB
Bahkan senyum yang terpaksa dapat merangsang pusat emosi otak untuk menjaga emosi tetap...
Unsplash/ Tierra Mallorca

Tiga Hal yang Harus Dilakukan Bila Tak akan Miliki Dana Pensiun

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:35 WIB
Tempat tinggal, kebutuhan harian, dan jaminan kesehatan harus direncanakan sejak...
Dok. Instagram @maquinnofficial

Label Adibusana asal Surabaya ini Tampil Milan Fashion Week

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 26 September 2020, 16:45 WIB
Maquinn Couture yang berbasis di Surabaya ini akan menghadirkan karya akulturasi budaya Indonesia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya