Jumat 14 Agustus 2020, 14:39 WIB

Presiden Apresiasi Parlemen Dukung Penanganan Pandemi

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Presiden Apresiasi Parlemen Dukung Penanganan Pandemi

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mengapresiasi DPR dalam mendukung pemerintah menanggulangi pandemi covid-19. Presiden mengapresiasi parlemen bisa dengan cepat menyetujui sejumlah peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu).

"Dengan sangat responsif, DPR langsung membahas, kemudian menyetujui dan mengesahkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 menjadi undang-undang untuk memberikan payung hukum dalam mengatasi krisis kesehatan dan perekonomian. Perppu Nomor 2 Tahun 2020 menjadi undang-undang untuk melandasi penundaan pemungutan suara pemilihan kepala daerah," ucap Jokowi dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2020, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

Presiden juga mengapresiasi agenda-agenda legislasi lain tetap berjalan efektif di tengah pandemi korona seperti pembahasan RUU Pertambangan Mineral dan Batu Bara serta RUUKebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

Baca juga : Jokowi: Jangan Ada yang Merasa Paling Agamis, Paling Pancasilais

Presiden juga mengapresiasi MPR dengan cepat membuat payung program baru MPR Peduli Covid-19 serta terus melakukan sosialisasi dan aktualisasi Pancasila serta pengkajian sistem ketatanegaraan dan konstitusi.

Dalam kesempatan itu, Presidwn juga mengapresiasi respons cepat DPD terhadap permasalahan mendesak yang dihadapi oleh daerah seperti pemberdayaan ekonomi rakyat melalui BUMDes, peningkatan daya saing daerah, dan dukungan penerapan protokol kesehatan. DPD juga masih tetap bekerja menyiapkan 9 RUU usul inisiatif DPD dan beberapa agenda lain.

"Kita beruntung dan berterima kasih atas dukungan dan kerja cepat dari pimpinan dan anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah extraordinary dalam mendukung penanganan krisis dan membajak momentum krisis untuk menjalankan strategi-strategi besar bangsa," ucap Presiden. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Polri Imbau Nobar G30S/PKI Ditiadakan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 29 September 2020, 18:51 WIB
Awi pun menyarankan agar masyarakat menonton film Pengkhianatan G30S/PKI tersebut di rumah...
Dok. MI/Rommy Pujianto

KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Jembatan Waterfront City Kampar

👤Dhika kusuma winata 🕔Selasa 29 September 2020, 18:30 WIB
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan korupsi proyek jembatan waterfront city di Kabupaten Kampar Tahun Anggaran...
Indriyani Astuti

Pemerintah Diminta Siapkan Skenario Terburuk

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 29 September 2020, 18:22 WIB
Kemungkinan pelanggaran HAM berat bisa terjadi kalau pilkada dalam pandemi terus dipaksakan. Ini menjadi catatan penting bagi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya