Jumat 14 Agustus 2020, 13:20 WIB

Unpad : Waspadai Modus Penipuan Berkedok SBMPTN 2020

Zubaedah Hanum | Humaniora
Unpad : Waspadai Modus Penipuan Berkedok SBMPTN 2020

Unpad
Ilustrasi registrasi mahasiswa baru Unpad di tahun ajaran 2019/2020, sebelum pandemi covid-19.

 

JELANG pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 pada pukul 15.00 WIB, Jumat (14/8), Universitas Padjadjaran mengimbau calon mahasiswa untuk mewaspadai berbagai bentuk penipuan terkait registrasi mahasiswa baru. Mulai dari tawaran registrasi offline, surat kelulusan palsu, hingga kuota ekstra.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief Sjamsulaksan Kartasasmita menegaskan, registrasi mahasiswa baru dari jalur SBMPTN akan dilakukan secara daring, merujuk pada imbauan Adaptasi Kebiasaan Baru akibat pandemi covid-19. Hal itu juga untuk mencegah penipuan yang menyasar calon mahasiswa.

“Proses registrasi daring dilakukan di laman resmi milik Unpad. Jadi tidak ada pihak-pihak yang ditunjuk Unpad untuk mengurus registrasi secara offline. Jadi kalau ada yang menawarkan bantuan untuk registrasi di luar laman resmi Unpad, itu sudah pasti bohong,” tegasnya seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (14/8) siang.

Ada banyak modus penipuan yang kerap mengemuka seputar registrasi. Mulai dari mentransfer sejumlah uang hingga pembukaan jalur penerimaan lain di luar jalur penerimaan resmi Unpad, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Prof Arief mencontohkan, salah satu modus adalah menggunakan surat kelulusan palsu untuk bisa mendaftar secara daring. Hal ini tidak mungkin bisa dilakukan, mengingat setiap surat memiliki barcode khusus yang langsung terkoneksi ke laman LTMPT.

“Kalau surat tipu itu barcode-nya tidak akan sesuai, tidak akan terkait ke LTMPT,” kata Prof Arief.

Ada pula modus menawarkan kuota penerimaan tambahan dari jalur SBMPTN. Prof Arief menegaskan, Unpad tidak menerima calon mahasiswa baru lain di luar yang sudah diumumkan di SBMPTN.

“Semua sudah diumumkan di SBMPTN, tidak ada pengumuman lain. Semua resmi lewat LTMPT,” terangnya.

Baca juga : Siap-Siap Hasil SBMPTN 2020 Diumumkan Pukul 15.00 WIB Sore Ini

Prof Arief juga mengingatkan untuk tidak langsung percaya bila ada oknum yang menawarkan bisa membantu masuk ke Unpad dengan terlebih dahulu mentransfer sejumlah uang.

“Pembayaran UKT dilakukan langsung ke bank, menggunakan tagihan dari Unpad resmi dan dibayar ke rekening Unpad. Tidak ada biaya lain selain biaya yang resmi tercantum di laman Unpad,” kata Prof Arief. (H-2)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Indonesia Terus Upayakan Pemenuhan Hak Anak

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 24 November 2020, 14:20 WIB
Hal paling mendasar yang dilakukan Indonesia dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak sesuai Konvensi Hak Anak adalah dengan...
ANTARA/	IDHAD ZAKARIA

Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

👤Suryani Wandari 🕔Selasa 24 November 2020, 14:05 WIB
Kuota baru BST bagi 20 ribu KPM diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai...
Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya