Jumat 14 Agustus 2020, 13:10 WIB

Presiden: Krisis Ini Momentum Kita Melakukan Lompatan Besar

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Presiden: Krisis Ini Momentum Kita Melakukan Lompatan Besar

AFP
Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2020

 

Presiden Joko Widodo menyatakan momentum pandemi covid-19 dan krisis ekonomi yang terjadi di dunia saat ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dan melakukan lompatan-lompatan.

Presiden menyerukan agar adanya kebangkitan baru bagi Indonesia untuk berbenah secara fundamental di berbagai bidang, yaitu ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, kesehatan, dan pendidikan.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar," kata Jokowi dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2020, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

Presiden menyebutkan 215 negara di dunia, tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit diterpa pandemi covid-19. Dalam catatan WHO, hingga 13 Agustus kemarin, terdapat lebih dari 20 juta kasus covid-19 di dunia dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa.

Baca juga: Jokowi Bicara Lompatan, PKS: Sekarang Berjalan Saja Susah

Presiden mengatakan semua negara, negara miskin, negara berkembang, termasuk negara maju, semuanya sedang mengalami kemunduran karena terpapar covid-19. Krisis perekonomian dunia yang terjadi juga terparah dalam sejarah. Di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih positif 2,97%, tapi di kuartal minus 5,32%. Ekonomi negara negara maju bahkan minus hingga belasan persen.

"Kemunduran banyak negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan. Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan re-start, harus melakukan re-booting. Semua negara mempunyai kesempatan men-setting ulang semua sistemnya," ujar Jokowi.

"Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar. Pada usia ke-75 tahun ini, kita telah menjadi negara Upper Middle Income Country. 25 tahun lagi, pada usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia negara maju," ucap Jokowi. (OL-14)

Baca Juga

DOk. Sekretariat Pers Presiden Ri

Wakil Ketua DPR : Kunjungan PM Jepang bukan Kunjungan Biasa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:03 WIB
Kunjungan itu memberi sinyal kepada pemerintah, agar tidak melupakan peran strategis Jepang membangun harmoni geopolitik dan ekonomi dunia...
Antara

Usut Penyebab Kebakaran Kejagung, Penyidik Gelar Ekspos

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:33 WIB
"Sore ini pukul 15.30 WIB sesuai rencana, penyidik ekspos di depan jaksa peneliti di Kejagung," ujar Karopenmas Divisi Humas...
Antara

Hakim Tolak Eksepsi Jaksa Pinangki

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:53 WIB
Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menolak eksepsi yang diajukan oleh penasihat hukum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya