Jumat 14 Agustus 2020, 11:00 WIB

Presiden Ingatkan Kerja Cepat Salurkan Bansos

Hilda Julaika | Humaniora
Presiden Ingatkan Kerja Cepat Salurkan Bansos

Antara
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam sidang tahunan MPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

 

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan kembali seluruh lembaga dan kementerian untuk bergerak cepat dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Hal ini mendesak dilakukan karena krisis pandemi covid-19 ini sangat berdampak pada perekonomian nasional.

“Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional, kita juga harus cepat bergerak memberikan bantuan sosial bagi masyarakat,” ujar Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR 2020 di Gedung Nusantara DPR/MPR RI, Jumat (14/8).

Bantuan sosial yang dimaksud Presiden berupa bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik, BLT Desa, dan subsidi gaji, bantuan restrukturisasi kredit UMKM, banpres produktif modal darurat, bantuan korban PHK melalui bantuan sosial dan Program Prakerja.

“Itu harus dilakukan dengan bergerak cepat meski sesuatu yang tidak mudah,” imbuhnya.

Karena merupakan hal yang tidak gampang dilakukan, maka Presiden Jokowi bersama jajarannya mengatakan telah berupaya mempercepat melakukan perubahan rumusan program. Selain itu, menyesuaikan program kerja dengan situasi terkini, melakukan realokasi anggaran dalam waktu singkat.

Selain itu, pemerintah juga tercatat telah menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020, yang kemudian disetujui oleh DPR menjadi UU No.2 Tahun 2020 serta bersinergi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk memulihkan perekonomian.

“Krisis ini telah memaksa kita untuk menggeser channel cara kerja. Dari cara-cara normal menjadi cara-cara ekstra-normal. Dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart short cut. Dari orientasi prosedur menjadi orientasi hasil,” tegasnya.

Presiden pun mewanti-wanti agar krisis kesehatan ini menjadi momentum untuk melakukan lompatan kemajuan. Dirinya meminta jangan sampai krisis ini menjadi pelajaran yang disia-siakan dan justru menjadikan kemuduran. (H-2)

Baca Juga

DOK: KPI

Digitalisasi Penyiaran Tunaikan Informasi dan Pendidikan

👤S1-25 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 04:28 WIB
KPI menyambut baik rencana analog switch off (ASO) pada 2022, sebagai sebuah transformasi teknologi siaran yang akan memberi banyak manfaat...
AFP

Miley Cyrus Mengaku Pernah Melihat UFO

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:15 WIB
MUSIKUS asal Amerika Serikat, Miley Cyrus, barubaru ini membagikan pengalamannya yang tak...
Instagram @TIARAANDINI

Tiara Andini Masuk Nominasi Peraih AMI Awards

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:50 WIB
SATU hal yang tak disangka-sangka oleh Tiara Andini, 19, masuk sebagai salah satu nomine di AMI Awards...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya