Jumat 14 Agustus 2020, 00:05 WIB

Menpora : Dorong Pembinaan Karakter Pemuda agar Terbebas Narkoba

Akmal Fauzi | Humaniora
Menpora : Dorong Pembinaan Karakter Pemuda agar Terbebas Narkoba

Antara/Muhammad Iqbal
Ilustrasi peran lawan Narkoba

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut, penyalahgunaan narkoba menjadi permasalahan yang serius terutama pada generasi muda. Sebab, untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh harus dilaksanakan perhatian khusus sedini mungkin.

“Kegagalan dalam mendidik generasi muda sama dengan kegagalan membangun bangsa," kata Menpora dalam seminar seminar membedah bahaya narkoba pada generasi muda, Kamis (13/8).

Menurutnya, diperlukan pembinaan karakter dalam menghadapi berbagai ancaman yang mengintai para generasi muda termasuk narkoba. Pemuda, kata dia, harus diajak membudayakan antipenyalahgunan narkoba sebagai bagian dari gaya hidup.

"Hal itu untuk menjadikan mereka sebagai generasi unggul adalah membangun etos kerja produktif, terampil, kreatif, disiplin dan profesional dengan cara membaskan mereka dari narkoba," bebernya.

Baca juga : Simpan Ganja dalam Botol Miras, Ibu dan Anak Ditangkap Polisi

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W. Kartiwa mengatakan, kegiatan seminar antinarkoba ini merupakan kerjasama antara Perempuan Jenggala bekerjasama dengan Kongres Perempuan Indonesia.

Vicky mengatakan, dapat diimplementasikan dengan banyak cara termasuk mendorong terciptanya SDM berkualitas dan generasi muda yang unggul. Akan tetapi, di tengah pandemi Covid-19 ini, ternyata tingkat konsumsi narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba) justru meningkat.

"Timbul spekulasi karena banyaknya orang stres akibat kegiatan bisnis yang tidak aktif. Terlebih, belakangan ini pengguna narkoba masih berusia muda dan termasuk kelompok usia produktif," katanya. (OL-7)

Baca Juga

Sumber: Alzi/BPS/Globocan/IDF/Kemenkes/WHO/Tim Riset MI-NRC/ Grafis: Seno

Jadi Lansia Sehat? Investasilah sejak Bayi

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 30 September 2020, 02:35 WIB
NANI, 72, sudah tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala sejak penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes merenggut...
123RF

Canggih, RSU Bunda Gunakan Robotik Tangani Kanker Prostat

👤MI 🕔Rabu 30 September 2020, 02:10 WIB
PROSTAT ialah kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani, yang berfungsi sebagai nutrisi dan transportasi...
Antara

Perpustakaan Dua Proklamator bakal jadi Destinasi Wisata Edukatif

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 29 September 2020, 23:00 WIB
UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, dan UPT Perpustakaan Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatra Barat, dijajaki...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya