Kamis 13 Agustus 2020, 23:25 WIB

HBKB Dilarang, Dishub : Bisa Beraktivitas di RTH

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
HBKB Dilarang, Dishub : Bisa Beraktivitas di RTH

MI/Pius Erlangga
Penerapan protokol kesehatan di GBK

 

KEGIATAN Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) kembali ditiadakan Pemprov DKI Jakarta. Namun, warga bisa beraktivitas pada Minggu pagi di tempat Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau fasilitas yang telah disediakan.

"Di kawasan-kawasan yang memang diperbolehkan berolahraga, seperti di Taman Tebet, GBK, masyarakat bisa jogging di sana. Dengan catatan tidak melakukan kerumunan dan menaati protokol kesehatan," terang Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo dalam keteranganya, Jakarta, Kamis (13/8).

Selain RTH, warga Jakarta bisa bersepeda di jalur sepeda yang sudah dibuat oleh DKI. Syafrin menyebut ada jalur sepeda sepanjang 63 km dan di beberapa kawasan seperti di Banjir Kanal Timur (BKT) dan jalur sepeda sementara di Sudirman-Thamrin-Merdeka Barat yang bisa dimanfaatkan.

Sebelumnya, kegiatan HBKB yang terpusat di Sudirman-MH Thamrin dialihkan ke 32 ruas, yang dinamai DKI sebagai Kawasan Khusus Pesepeda (KKP).

Baca juga : Picu Kerumunan, Anies Kembali Tiadakan HBKB

Syafrin menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi, Pemprov DKI meniadakan pelaksanaan 32 Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) di 5 wilayah Kota mulai Minggu (16/8). Keputusan tersebut diambil karena masih ditemukan pelanggaran oleh warga yang beraktivitas pada 32 KKP.

"Karena terjadinya pelanggaran protokol kesehatan yang cukup tinggi. Ada warga yang tidak menggunakan masker, tidak mengindahkan dan tetap kongkow-kongkow sehingga menimbulkan kerumunan, untuk sementara KKP kita tiadakan," jelas Syafrin.

Selain itu, warga yang rentan penularan covid19, seperti lansia, anak-anak usia di bawah 9 tahun, dan para ibu hamil, juga masih ditemukan di 32 ruas KKP. (OL-7)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Musim Hujan, Daya Tampung Waduk dan Sungai di DKI Ditingkatkan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 23:14 WIB
"Sampai dengan Desember ini kami akan menaikkan kapasitas sungai dan saluran kurang lebih...
MI/Bary Fathahilah

PSBB Diperpanjang, Transjakarta Tetap Jalan Sampai Pukul 19.00

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 21:44 WIB
Layanan Transjakarta  tidak akan mengalami perubahan kendati adanya pengumuman dari Gubernur DKI Anies Baswedan terkait PSBB di...
MI/Ramdani

Jakarta Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Ke Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 11:57 WIB
BMKG memprediksikan dalam periode tiga hari kedepan, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya