Kamis 13 Agustus 2020, 22:14 WIB

Bantu TNI Jaga Kedaulatan, Telkomsat Siagakan Tiga Satelit

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Bantu TNI Jaga Kedaulatan, Telkomsat Siagakan Tiga Satelit

Dok. Pribadi
Satetlit Merah-Putih milik Telkomsat

PERAN Tentara Nasional Indonesia dalam menjaga kedaulatan Indonesia dinilai sangat strategis, terutama di wilayah 3t (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal). Salah satu penunjang dalam tugas menjaga kedaulatan tersebut ialah akses komunikasi yang aman dan dapat diandalkan.

Dalam menyediakan akses komunikasi tersebut, TNI menjalin kerja sama dengan PT. Telkom Indonesia. Melalui anak usahanya, Telkomsat, Telkom menyiagakan sebanyak 3 satelit yang dapat menunjang telekomunikasi yang aman bagi TNI seperti Satelit Telkom-2, Telkom 3s dan Satelit Merah Putih.

"Pemanfaatan telekomunikasi melalui satelit dari Telkomsat merupakan media yang cukup aman dalam berkomunikasi serta memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan media lainnya. Layanan satelit dinilai juga dapat menunjang kinerja TNI dalam melaksanakan tugas baik dalam skala regional maupun internasional," kata Anggoro K. Widiawan, Direktur Operasional Telkomsat dalam keterangan tertulisnya.

Anggoro menambahkan, pihaknya juga telah nan Transponder, VSAT, BGAN hingga layanan telepon satelit yang memiliki cakupan layanan yang luas dan tidak terpengaruh oleh kondisi dan kontur geografis suatu daerah.

Baca juga : Aplikasi Digital Robot Biru Siap Layani Pembayaran

"Melalui teknologi satelit yang mutakhir tak hanya membuka isolasi informasi tetapi juga ikut andil dalam membantu TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, Telkomsat juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa/i untuk magang bekerja di Telkomsat pada periode tertentu serta menjadi pendukung atau sponsor utama bagi para generasi muda di Indonesia untuk melakukan inovasi dan memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu teknologi dan sains yang diharapkan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. 

Salah satunya ialah dengan mendukung Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) yang berhasil meraih peringkat ke-2 dunia dalam kompetisi CanSat yang dilaksanakan oleh American Astronautical Society (AAS). (RO/OL-7)

Baca Juga

JOHN THYS / AFP

Tesla Akan Segera Rilis Mobil Listrik Swakemudinya

👤Antara 🕔Sabtu 26 September 2020, 14:17 WIB
Selain empat sedan dan SUV, perusahaan berencana untuk menjual truk listrik bertajuk Cybertruck, yang diklaim telah dipesan sebanyak 500...
AFP/Jorge Guerrero

Radiasi Bulan Lebih Berbahaya daripada ISS

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 05:45 WIB
Radiasi tersebut dapat menyebabkan sejumlah penyakit, mulai dari katarak hingga kanker dan penyakit...
AFP/Handout Apple

IPhone SE 2020 sudah Dapat Dipesan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 22:05 WIB
IPhone SE generasi kedua mengusung layar Retina HD sebesar 4,7...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya