Kamis 13 Agustus 2020, 15:11 WIB

Inovasi Jadi Kunci Koperasi untuk Menghapus Keusangan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
 Inovasi Jadi Kunci Koperasi untuk Menghapus Keusangan

Medcom.id
ilustrasi koperasi

 

KOPERASI saat ini menjadi sektor yang dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh stigma negatif koperasi yanh dikatakan sudah usang, tidak modern dan berbagai macam hal lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Executive Committee Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) Firdaus Putra mengatakan bahwa inovasi menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh koperasi.

"Berdasarkan hasil riset kami kepada 1.050 responden yang terdiri dari 81,71% pegawai dan 18,29% manajer, sebanyak 77,6% menganggap bahwa koperasi sangat memerlukan inovasi agar mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini," ungkapnya dalam webinar bertajuk Masihkah Koperasi Menjadi Andalan, Kamis (13/8).

Lebih lanjut, dalam melakukan inovasi, Firdaus mengatakan bahwa setidaknya terdapat 2 hal yang harus dipahami oleh koperasi. Hal tersebut ialah prioritas dan hambatan dalam berinovasi.

Baca juga: Jamkrindo Jadi Penjamin Permodalan UMKM dan Koperasi

Dalam melakukan inovasi menurutnya beberapa prioritas yang harus dilakukan oleh koperasi antara lain inovasi pada SDM (sumber daya manusia), inovasi pada pemasaran, inovasi sosial, inovasi peningkatan kualitas, inovasi pada produk dan paling penting ialah inovasi digitalisasi.

"Koperasi harus hadir dalam ekosistem digital dengan membangun kolaborasi bersama dengan pelaku digital lainnya. Hal ini akan menyebabkan anggota koperasi dapat lebih mudah mengakses layanan koperasi di manapun dan kapan pun," ujar Firdaus.

Sementara itu, hambatan yang harus dihindarkan oleh koperasi dalam berinovasi ialah mengimplementasikan ide, kesulitas memasarkan, menghindari risiko dan sebagainya.

Menurut Firdaus, koperasi sudah memiliki visi dan misi yang kuat untuk mampu bertahan dari hambatan berinovasi. Hal ini dikarenakan koperasi memiliki asas kekeluargaan di mana seluruh hambatan harus bisa diatasi bersama.

"Visi dari anggota untuk anggota senantiasa harus dipegang teguh para pengurus," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

Istimewa

Kemenperin Pastikan Teknologi Pengolahan Limbah Diterapkan

👤Haryanto 🕔Minggu 27 September 2020, 14:00 WIB
PERTUMBUHAN kawasan industri di Jawa Tengah menimbulkan konsekuensi pencemaran. Untuk itu, Kementerian Perindustrian memastikan limbah...
Istimewa

PT Ceria Raih Predikat Perusahaan Berkelas Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 13:15 WIB
PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), perusahaan Pertambangan Nikel Terintegrasi Pengolahan dan Pemurnian meraih predikat sebagai perusahaan...
MI/Fransico Hutama Gani

Buruh Masih Belum Sepakat dengan Isi RUU Cipta Kerja

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 27 September 2020, 13:15 WIB
KSPI bersama 32 konfederasi dan federasi yang lain sedang mempertimbangkan untuk melakukan mogok nasional sesuai mekanisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya