Kamis 13 Agustus 2020, 09:20 WIB

Bandara Segun Berfungsi Strategis Untuk Perekonomian Papua Barat

Martinus Solo | Nusantara
Bandara Segun Berfungsi Strategis Untuk Perekonomian Papua Barat

MI/Martinus Solo
Wakil Bupati Sorong Suka Harjono

 

PROSES pembangunan infrastruktur perhubungan di Kabupaten Sorong, Papua Barat masih perlu mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Saat ini akan dibangun Bandara Segun yang telah dirintis oleh mantan Bupati Sorong, Stepanus Malak. Bandara ini diharapkan akan memperlancar transportasi masyarakat dan barang dari Maluku, Mauku Utara, Papua Barat dan Papua. Termasuk untuk membawa jemaah calon haji dari Papua Barat yang selama ini harus terbang ke embarkasi Makassar.

Pemkab Sorong telah menyelesaikan ganti rugi sekitar Rp15 miliar untuk pembebasan lahan, sedangkan pengurusan sertifikat akan menelan biaya Rp1 miliar lebih dari hitungan Badan Pertanahan Nasional.

Wakil Bupati Sorong Suka Harjono saat rapat dengan Sraf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Buyung Lalana dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Kamis (13/8) mengatakan keberadaan Bandara Segun akan sedikit menekan biaya dengan tetap memperhatikan berbagai peraturan yang ada dengan. Wabup Suka Harjono mencontohkan tujuan keberangkatan mancanegara bisa lebih dekat dan mudah misalnya keberangkatan calon jemaah haji Papua, Papua Barat tidak perlu melalui embarkasi Makassar.

baca juga: Indeks Desa Membangun Kalsel Alami Peningkatan Signifikan

"Selain itu juga fasilitas perhubungan laut yang ada di KEK Sorong belum bisa menerima investor luar yang akan berinvestasi di Kabupaten Sorong. Ini dikarenakan kesiapan dermaga bongkar muat belum terealisasi sampai sekarang ini. Serta ekspor hasil dari Kabupaten Sorong juga masih berlebel Surabaya. Kami ingin pusat juga memperhatikan masalah ini agar pembangunan ekonomi dan infrastruktur bisa dipercepat," pungkasnya. (OL-3)


 

Baca Juga

Istimewa

Survey vs Poling Di Tanah Bumbu

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 28 September 2020, 21:50 WIB
Masyarakat harus bisa membedakan apa itu hasil survey dan...
Antara

Ketua KPID Sumut Meninggal Terpapar Covid-19

👤Puji Santoso 🕔Senin 28 September 2020, 21:25 WIB
KETUA Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara Parulian Tampubolon (45), Senin (28/9) sore meninggal dunia terpapar...
Antara

Hotel Tugu Bali di Badung Terbakar

👤Ruta Suryana 🕔Senin 28 September 2020, 20:45 WIB
BANGUNAN hotel Tugu Bali yang berlokasi di Jalan Pantai Batu Bolong, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali terbakar jelang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya