Awas, Kiddle Ternyata masih belum Aman

Penulis: Hera Khaerani Pada: Sabtu, 12 Mar 2016, 07:45 WIB Teknologi
Awas, Kiddle Ternyata masih belum Aman

Google

SEMENJAK penemuan internet, orangtua kerap cemas ketika membiarkan anak berselancar di dunia maya. Orangtua khawatir mereka akan mengakses hal-hal yang tidak pantas. Karena itu, tidaklah mengherankan kemunculan Kiddle membuat banyak orangtua bersemangat menyambut mesin pencarian internet yang aman untuk digunakan anak-anak.

Kiddle disebut sebagai mesin pencarian khusus anak milik Google. Padahal, itu keliru karena nyatanya Google sama sekali tidak terkait dengan pengembangan Kiddle. Kekeliruan itu boleh jadi terkait tampilan situs Kiddle yang tampak menyerupai tampilan Google, hanya dengan warna-warna dan gambar robot yang sesuai dengan selera anak-anak. Kiddle sejatinya tidak mengklaim bagian dari Google, tapi menggunakan Google safe search, salah satu produk Google.

Nah, lantas bagaimana dengan keamanannya bagi anak-anak? Seiring dengan waktu, banyak laporan keluhan bermunculan soal tidak amannya konten yang muncul lewat situs itu. Hasil pencariannya tidak selalu ramah anak. Namun, tak dapat dimungkiri situs itu tetap bermanfaat dengan adanya blokir otomatis pada kata kunci yang dianggap tidak sesuai dengan anak. Anak, contohnya, takkan bisa menemukan kata 'porn' dan semacamnya.

Pada akhirnya, apa pun teknologi yang Anda gunakan untuk membuat anak-anak aman di internet, cara terbaik tetaplah dengan memastikan Anda hadir di sisi mereka saat berselancar. Penggunaan Kiddle sekalipun tidak lebih baik ketimbang kehadiran mata Anda yang mengawasi anak dengan cekatan. (mirror.co.uk/Her/M-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More