Kamis 13 Agustus 2020, 05:48 WIB

Pulau Kundur di Karimun Ditetapkan Zona Merah Covid-19

Antara | Nusantara
Pulau Kundur di Karimun Ditetapkan Zona Merah Covid-19

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Seorang penumpang kapal dari Tanjung Balai Karimun Kepri yang pulang dari Malaysia menunggu jadwal keberangkatan bus.

 

PEMERINTAH Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menetapkan Kecamatan Pulau Kundur sebagai zona merah covid-19 setelah diketahui adanya transmisi lokal di wilayah tersebut.

"Saya sampaikan kepada masyarakat bahwa Pulau Kundur masuk zona merah penyebaran covvid-19,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Karimun, Rabu (13/8).

Kendati begitu, Rafiq mengaku belum mengambil kebijakan buat menutup akses pintu masuk dan keluar di pulau tersebut meskipun berstatus zona merah, dengan alasan masih mempertimbangkan kondisi perekonomian masyarakat. Pihaknya akan melihat terlebih dulu terhadap hasil penelusuran dan perkembangan sebaran covid-19 dari kluster yang ada saat ini.

"Kalau pun kita tutup, harus ada jaminan ekonomi masyarakat tetap hidup," ujarnya.
  
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi, menyatakan pasien positif covid-19 di daerah itu bertambah lagi enam orang berdasarkan hasil swab atau PCR resmi dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.
  
"Dari 30 sampel swab yang kami kirim pada 3 Agustus 2020, ada enam sampel swab dinyatakan positif covid-19," ungkapnya.

baca juga: Kasus Baru Covid-19 di NTT Bertambah

Dari enam pasien positif tersebut, lanjutnya, empat di antaranya merupakan kluster dari Kapolsek Kundur, Kompol Endi Endarto (Almarhum). Kemudian dua pasien lainnya dari kluster Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Isdianto.

"Saat ini keenam pasien sudah kami isolasi di RSUD Muhammad Sani. Kami telah melakukan penelusuran dan didapati 19 orang yang kontak dengan mereka," jelasnya.

Rachmadi menambahkan, total terkonfirmasi positif covid-19 di Karimun hingga Rabu (12/8), sebanyak 13 kasus. Dengan rincian tujuh menjalani perawatan dan enam dinyatakan sembuh. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Klaster Ponpes Menambah Jumlah Kasus Korona di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 27 September 2020, 12:59 WIB
Sebanyak 12 santri dinyatakan positif covid di sebuah ponpes di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Kini petugas melacak 220 orang...
MI/Haryanto

PWI Beri Penghargaan Kepada 11 Tokoh di Jateng

👤Haryanto 🕔Minggu 27 September 2020, 12:43 WIB
Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2020 Jawa Tengah dan HUT ke-74 PWI, PWI  memberikan penghargaan kepada 11 tokoh  atas...
Ilustrasi

Klaster Ponpes Dominasi Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Kebumen

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 27 September 2020, 12:38 WIB
Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir memang kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya