Kamis 13 Agustus 2020, 03:25 WIB

50% Kabupaten/Kota di Bawah Angka Kasus Dunia

Fer/Tri/Ins/Iam/X-7 | Politik dan Hukum
50% Kabupaten/Kota di Bawah Angka Kasus Dunia

Satgas Covid-19/Tim Riset MI-NRC
Daerah yang masih Menjadi Perhatian Terkait Kasus Covid-19

 

LEBIH dari 50% kabupaten/kota di Indonesia sudah berada di bawah rata-rata kasus aktif dan kematian di tingkat dunia. Sebanyak 280 atau 54,47% kabupaten/kota di Indonesia juga berada di bawah rata-rata kasus aktif dunia yang saat ini di angka 31,5%.

“Namun, di balik pencapaian itu, terdapat sembilan kabupaten/kota yang masih memiliki jumlah kasus aktif di atas 1.000, di antaranya Jakarta Barat, Kota Surabaya, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kota Medan, Kota Makassar, Kota Semarang, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat,” tutur Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, di Media Center Satgas Nasional, Jakarta, kemarin.

Untuk itu, lanjutnya, sembilan kabupaten/kota tersebut perlu diberi perhatian ekstra agar dapat menurunkan angka kasus aktif di daerah mereka.

Terpisah, Kepolisian Republik Indonesia berharap agar masyarakat dapat menjadikan penggunaan masker sebagai bagian dari gaya hidup. Hal itu disampaikan oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pranomo di tengah pandemi covid-19 menuju era kenormalan baru.

Ia juga meminta peran serta media, tokoh masyarakat, dan pemengaruh (influencer) dalam menyosialisasikan protokol kesehatan. “Selain menggunakan masker, konsep dasar protokol kesehatan ialah mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan,” tambahnya.

Hingga kemarin siang, Kementerian Kesehatan mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 1.942 orang sehingga total menjadi 130.718. Untuk pasien sembuh menjadi 85.798 setelah ada penambahan sebanyak 2.088 orang, sedangkan kasus meninggal menjadi 5.903 dengan penambahan 79.

Sementara itu, sejak 23 Maret hingga kemarin siang, jumlah pasien yang terdaftar menjalani perawatan covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 10.005 orang.

Perwira Penerangan Komando Gabung an Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan) Kolonel Marinir Aris Mudian menerangkan sebagian pasien sudah keluar dari rumah sakit itu dengan total 8.153 orang.(Fer/Tri/Ins/Iam/X-7)

Baca Juga

Dok Kemenko Polhukam

Mahfud: Belum Ada Kepastian Menangani Penyebaran Paham Radikalisme

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 29 September 2020, 18:00 WIB
Mahfud mengajak semua pihak mendukung upaya-upaya mewujudkan stabilitas keamanan dan penegakan hukum guna mendukung pembangunan Indonesia...
Antara

Generasi Muda Harus Mampu Beradaptasi Terhadap Perubahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 17:36 WIB
Menurut Lestari, untuk beradaptasi dengan kondisi di mana banyak terjadi perubahan di berbagai sektor, bangsa Indonesia sebenarnya sudah...
MI/SUSANTO

Budiman Sudjatmiko: Pak Gatot, Anda Sehat?

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 29 September 2020, 17:35 WIB
Gatot Nurmantyo mengumpulkan massa di Surabaya yang akhirnya dibubarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya